SUARA INDONESIA

Bangkitkan Energi Positif, Bupati Anna Ajak Emak-Emak Bojonegoro Senam Bersama

Aji Susanto - 23 August 2023 | 20:08 - Dibaca 835 kali
Advertorial Bangkitkan Energi Positif, Bupati Anna Ajak Emak-Emak Bojonegoro Senam Bersama
Bupati Bojonegoro senam bersama emak-emak (Foto : Aji/Suaraindonesia.co.id)

BOJONEGORO, Suaraindonesia.co.id - Bupati Bojonegoro, Hj. Anna Mu'awanah senam bersama warga di lapangan Desa Gayam pada Rabu pagi (23/08/2023).

Diketahui, kegiatan tersebut inisiasi dari Dinas Kesehatan setempat bekerja sama dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Bojonegoro.

Terlihat warga dari kalangan ibu-ibu pegiat senam dari Kecamatan Gayam, Kalitidu, dan Ngasem tumpah ruah membentuk barisan padati venue sepak bola mengikuti senam dan penuh semangat. 

Iringan musik dance dari sang pemandu membuat gerak seluruh peserta asyik ikuti senam bersama dengan menggoyangkan badan menyambut mentari pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro Ani Pujiningrum mengatakan, senam ini untuk membudayakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang bertujuan untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan upaya promotif dan preventif.

"30 persen dari waktu kita harus diisi dengan kegiatan gerakan fisik," ujarnya usai mengikuti senam. 

Adapun, lanjut Ani dalam rangka mendukung masyarakat agar hidup sehat, Pemkab Bojonegoro berupaya melalui program sosialisasi bantuan makanan pendamping ASI (MP ASI) yang ditujukan kepada ibu-ibu yang memiliki balita usia 0-12 bulan.

"Bantuan MP ASI tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI)," jelasnya.

"Jadi ibu-ibu yang memberikan ASI ini harus senantiasa meningkatkan kualitas makanannya, sehingga ASI yang dihasilkan bisa memenuhi pertumbuhan dari sang bayi," sambungnya.

Sedangkan untuk balita usia 6-12 bulan bertujuan meningkatkan konsumsi protein. "Diharapkan satu balita mengkonsumsi sebutir telur atau protein hewani setiap harinya," pesannya.

Hal itu guna meningkatkan kualitas gizi balita terutama di usia 0-12 bulan dan umumnya sampai usia 5 tahun, sehingga diharapkan angka stunting di Bojonegoro 0 persen (zero).

Lebih lanjut, untuk mendapatkan program tersebut, nantinya bidan Desa bersama Pemerintah Desa, Dinkes, Dinsos, dan Disdukcapil  akan mendata dan memverifikasi ibu-ibu yang memiliki balita usia 0-12 bulan tersebut.

Sementara Bupati Bojonegoro Hj. Anna Mu'awanah menyampaikan, bahwa senam ini selain membangkitkan energi positif, sekaligus mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. 

"Yaitu olahraga yang bahagia. Sehingga masyarakat menjadi sehat, dan bugar," kata Bupati. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aji Susanto
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV