SUARA INDONESIA

Bangun Gedung Sistem Keamanan Terpadu, Kapolda Jatim Puji Langkah Wali Kota Probolinggo

Lutfi Hidayat - 24 August 2023 | 15:08 - Dibaca 1.42k kali
Advertorial Bangun Gedung Sistem Keamanan Terpadu, Kapolda Jatim Puji Langkah Wali Kota Probolinggo
Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto bersama Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin dan Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa'bani meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Command Center Meteor. (Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat, bukan sekedar isapan jempol.

Pembangunan gedung Command Center, sebagai sarana sistem keamanan terpadu di Kota Probolinggo, akhirnya dilaksanakan.

Groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek gedung yang diberi nama "Meteor" itu dilakukan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto dan Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani, di halaman mako Satpol PP Kota Probolinggo, Kamis (24/08/2023).

Dididirakannya gedung Command Center yang nantinya akan menjadi pusat sistem keamanan di Kota Probolinggo, dikatakan Habib Hadi sebagai bentuk pelayanan pemerintah kota bersama TNI/Polri dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban maayarakat. 

Gedung Meteor, sebut Habib Hadi, merupakan kehadiran pemerintah dalam melayani masyarakat melalui sebuah sistem (keamanan) terintegrasi berbasis teknologi.

"Gedung Meteor ini akan melayani semua hal yang di situ sudah terintegrasi dengan call center 112 yang melayani semua aspek keamanan, kegawatdaruratan dan lain-lain. Saya sangat mendukung sepenuhnya untuk terwujudnya sebuah impian yang bisa membawa dampak manfaat di Kota Probolinggo," ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut wali kota, telah dibentuk Polisi RW. Pemkot Probolinggo merasa perlu menyempurnakan program tersebut dan berkolaborasi dengan stakeholder, untuk mempermudah pelayanan dan respons cepat Polisi RW yang ditugaskan di lingkungan masing-masing.

"Pemerintah kota mensupport kendaraan roda dua untuk mobile (patroli-red) Polisi RW di Kota Probolinggo. Apabila ada gawat darurat kalau biasanya 15 menit sudah sampai di lokasi, ini insyaallah 3 menit sudah sampai di lokasi," terang Habib Hadi.

Sementara Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Menurutnya, hanya ada beberapa kepala daerah di Jawa Timur yang turut serta memikirkan masalah Kamtibmas di daerahnya, dengan terus berkolaborasi bersama Polri dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakatnya.

"Menjadi pemimpin seperti beliau ternyata susah. Ini mohon maaf, sangat susah kami baru menemukan beberapa saja di wilayah Jawa Timur yang punya ide dan semangat seperti beliau. Jadi, ini satu bukti bahwa ada kolaborasi bersama dan kepedulian sebagai pemimpin daerah atas masalah keamanan," puji Irjen Pol Toni Harmanto.


Sebab, lanjut Kapolda Jatim, keamanan ini memang akan sangat menunjang dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, yang pada akhirnya juga akan membantu kegiatan ekonomi berjalan dengan baik. Tentu outputnya adalah peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kota Probolinggo dan kota-kota yang lain, sebut Kapolda Jatim, menjadi bagian dari smart city sistem yang dibangun, kemudian sekarang disiapkan lagi gedungnya dan bahkan ada dukungan sarana prasarana yang juga akan memudahkan dalam memberikan pelayanan.

"Terima kasih betul ini, karena tentu keterbatasan Polri dengan anggaran yang mungkin tidak terlalu besar, tentu menjadi satu jawaban atas kemitraan tadi. Dan yang terpenting bahwa kepedulian dari pimpinan daerah terhadap masalah-masalah yang dihadapi kepolisian dan TNI, ini menjadi satu langkah besar," bebernya.

Gedung command center sistem keamanan terpadu Meteor itu, akan dibangun di sisi timur kantor Satpol PP Kota Probolinggo, dengan anggaran sekitar Rp2,1 miliar yang dialokasikan dalam APBD 2023 bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Proyek tersebut ditaget selesai dalam tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Pemkot Probolinggo juga melakukan Groundbreaking di 3 lokasi berbeda, yakni di Ponpes An-Nur Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Ponpes Zainul Islah di Kecamatan Kanigaran dan gedung Mako Polsubsektor Kedopok. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV