SUARA INDONESIA

Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Beri Latihan Senam Osteoarthritis kepada Puluhan Lansia

Gono Dwi Santoso - 24 September 2023 | 14:09 - Dibaca 1.06k kali
Advertorial Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Beri Latihan Senam Osteoarthritis kepada Puluhan Lansia
Salah seorang dokter saat memberikan latihan senam osteoarthritis kepada salah satu warga Lansia (Foto : Gono/Suaraindonesia.co.id)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan latihan senam Osteoarthritis kepada 80 warga Lansia di Puskesmas Dukuh Kupang, Surabaya, Sabtu (23/09/2023) kemarin.

Kegiatan melibatkan sejumlah dokter, baik dokter spesialis, dokter umum dan dosen serta mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Dr.dr Ibrahim Njoto, M.Ked mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa penyuluhan melalui latihan senam untuk mencegah osteoarthritis (OA).

"Ini sebagai upaya peningkatan kesehatan bagi Lansia, terutama pada persendian, dan latihan senam ini adalah solusi untuk Lansia dalam mencegah terjadinya osteoarthritis," ungkapnya. 

Ia menambahkan, senam pencegahan osteoarthritis ini kombinasi dari latihan fisik yang dirancang khusus untuk memperkuat otot-otot sekitar persendian, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi nyeri. 

"Disamping senam, kami juga memberikan solusi yang efektif dan mudah kepada Lansia untuk mencegah dan mengurangi nyeri pada masalah persendian melalui sosialisasi," tandasnya. 

Lebih lanjut, dr Ibrahim menyampaikan, bahwa program pengabdian masyarakat ini telah disesuaikan untuk kebutuhan Lansia. 

"Sehingga program ini sangat bagus, karena dapat meningkatkan kualitas hidup peserta dan membantu mereka kembali ke aktivitas sehari-hari tanpa kesulitan," ujarnya.

Menurut dr Ibrahim Osteoarthritis atau yang dikenal sebagai penyakit degeneratif sendi, adalah masalah kesehatan yang sering kali dihadapi oleh banyak orang dewasa maupun Lansia di seluruh dunia. 

"Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama ketidaknyamanan dan gangguan fungsi pada orang dewasa maupun Lansia," jelasnya. 

"Dan upaya kami untuk meningkatkan kesehatan persendian melalui latihan senam pencegahan osteoarthritis ini adalah langkah nyata kami dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma dalam mendukung kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV