SUARA INDONESIA

Anggota Komisi I DPRD Kaltim Minta Pelaku yang Sengaja Sebabkan Karhutla Ditindak 

Mohamad Alawi - 23 October 2023 | 05:10 - Dibaca 950 kali
Advertorial Anggota Komisi I DPRD Kaltim Minta Pelaku yang Sengaja Sebabkan Karhutla Ditindak 
Jahidin, Anggota Komisi I DPRD Kaltim. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id) 

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin mengungkapkan potensi kebakaran hutan di Kaltim bukan hanya bersumber dari kemarau.

"Namun, terkadang ada orang yang memang usil ataupun atas kelalaian sendiri menyebabkan kebakaran," ujar Jahidin kepada awak media di Gedung DPRD Kaltim. 

Karena itu, pihaknya meminta pemerintah untuk dapat menindak tegas pelaku yang yang menyebabkan kebakaran hutan, baik atas kelalaian maupun adanya unsur kesengajaan sesuai hukum yang berlaku. 

"Memang prosedur Undang-Undangnya seperti itu. Ancaman pidananya sudah pasti lebih dari 5 tahun dan itu bisa menjadi efek jera bagi mereka," ungkap Politisi PKB ini. 

Selain disebabkan oleh manusia, menurut Jahidin pengaruh lahan dan batu bara menjadi penyebab kebakaran, apalagi di kondisi kekeringan saat ini.

"Tidak semua kebakaran hutan di Kaltim disebabkan oleh masyarakat, terkadang juga pemicunya karena pengaruh batu bara. Sehingga, api itu tumbuh sendiri dari pengaruh panas tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut, advokat kondang di Kaltim ini juga meminta para aparat hukum dapat memberikan sosialisasi dan pencerahan melalui edukasi kepada masyarakat.

"Pencerahan sosialisasi kepada masyarakat itu perlu, karena tidak semua masyarakat paham. Jadi kita perlu untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada mereka," tandasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV