SUARA INDONESIA

Tingkatkan Pendidikan ABK di Kaltim, DPRD Akan Angkat Guru SLB Jadi ASN

Redaksi - 02 November 2023 | 12:11 - Dibaca 433 kali
Advertorial Tingkatkan Pendidikan ABK di Kaltim, DPRD Akan Angkat Guru SLB Jadi ASN
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan perhatian serius terhadap pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus. 

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati, menyadari bahwa pendidikan anak-anak dengan kondisi khusus ini memiliki sejumlah tantangan yang perlu diatasi.

Ia menyebut, salah satu tantangan utama adalah ketidakseimbangan antara jumlah guru yang tersedia dan jumlah anak berkebutuhan khusus. Kondisi ini menyebabkan beberapa sekolah berkebutuhan khusus harus membagi jadwal guru, yang tentunya berdampak pada kualitas pendidikan.

"Saat rasio jumlah guru yang tersedia dengan jumlah anak berkebutuhan khusus belum sebanding," ungkap Puji kepada wartawan, beberapa waktu lalu. 

Menurut Puji anak-anak berkebutuhan khusus memerlukan perhatian khusus, terutama ketika mereka pertama kali masuk sekolah. "Setiap anak berkebutuhan khusus memerlukan perhatian dan stimulus yang sesuai dengan karakter dan keistimewaannya," jelasnya

Untuk mengatasi masalah tersebut, Komisi IV DPRD Kaltim berencana akan mengangkat guru sekolah luar biasa (SLB) yang saat ini belum menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Jumlah guru SLB yang tersedia akan bertambah dan dapat ditempatkan berdasarkan kebutuhan sekolah yang memerlukan penambahan tenaga pengajar," kata Puji.

Selain itu, kerja sama dengan perguruan tinggi negeri untuk mendirikan jurusan khusus bagi guru-guru SLB di Kaltim juga dianggap sebagai langkah positif. 

"Meskipun pendidikan semacam ini telah tersedia di pulau Jawa, dengan membawanya ke Kaltim memerlukan waktu dan biaya yang besar. Oleh karena itu, bekerja sama dengan perguruan tinggi di Kaltim menjadi alternatif yang layak," ujarnya.

Puji berharap dengan upaya yang lebih besar dan langkah-langkah konkret ini, anak-anak berkebutuhan khusus di Kaltim akan mendapatkan pendidikan setara dengan anak-anak lainnya.

"Diharapkan dengan upaya yang lebih besar, mereka dapat meraih pendidikan yang setara dengan anak-anak lainnya," tandasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV