SUARA INDONESIA

DPRD Kaltim Dorong Skill Pekerja Lokal Terus Ditingkatkan

Redaksi - 23 November 2023 | 12:11 - Dibaca 269 kali
Advertorial DPRD Kaltim Dorong Skill Pekerja Lokal Terus Ditingkatkan
Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Akhmed Reza Pahlevi. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SAMARINDA - Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Akhmed Reza Pahlevi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk meningkatkan keahlian dan skill pekerja lokal di Kaltim. Ia menilai pekerja lokal harus bisa bersaing dengan pekerja dari luar Kaltim.

"Saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat, baik dari dalam maupun luar negeri. Pekerja lokal harus bisa bersaing dengan pekerja dari luar Kaltim," ujar Reza di Samarinda, Kamis (23/11/2023).

Reza menilai, peningkatan keahlian dan skill pekerja lokal dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pelatihan, pendidikan, dan sertifikasi. Pemprov Kaltim perlu mendukung upaya-upaya tersebut.

"Pemprov Kaltim sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Ketenagakerjaan. Perda ini mengatur tentang peningkatan kompetensi tenaga kerja," ungkapnya. 

Menurut Reza, Perda tersebut sudah cukup bagus. Namun, ia berharap Pemprov Kaltim dapat terus meningkatkan upaya peningkatan keahlian dan skill pekerja lokal.

"Saya berharap peningkatan keahlian terus ditingkatkan. Hal ini penting untuk meningkatkan daya saing pekerja lokal," pinta Reza.

Ia menambahkan, peningkatan keahlian dan skill pekerja lokal juga akan berdampak pada perekonomian Kaltim. Pekerja lokal yang memiliki keahlian dan skill yang mumpuni akan mampu menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.

"Hal ini akan berdampak pada peningkatan daya saing produk dan jasa Kaltim di tingkat nasional maupun internasional," pungkas Reza. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV