SUARA INDONESIA

Bakhtiar Wakkang Soroti Program Bedah Rumah di Bontang

Mohamad Alawi - 30 November 2023 | 02:11 - Dibaca 643 kali
Advertorial Bakhtiar Wakkang Soroti Program Bedah Rumah di Bontang
Bakhtiar Wakkang, Anggota DPRD kota Bontang (

SUARA INDONESIA,BONTANG - Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang, menyoroti program bedah rumah di Kota Bontang. Ia menilai, program tersebut belum berjalan sesuai dengan tujuannya, yaitu untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan.

Bakhtiar mengungkapkan, pihaknya menemukan data ada rumah kos yang mendapat bantuan program bedah rumah oleh pemerintah. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, mengingat program bedah rumah sejatinya diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu.

"Ada yang merupakan rumah kos itu tapi menjadi penerima bedah rumah. Ini kan berarti tidak adil," ungkapnya di Gedung 3 Dimensi Kota Bontang, Senin (27/11/2023).

Bakhtiar berharap, ke depan dinas terkait bisa lebih selektif dalam memilih siapa saja yang harus dibantu. Jangan sampai salah sasaran.

"Seharusnya itu datanya dari RT, kemudian kelurahan dan begitu seterusnya supaya bisa lebih akurat dan memang benar yang mendapatkan bantuan itu memang perlu dibantu, bukan rumah kos," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase. Ia mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti hal tersebut dengan berkordinasi dengan dinas terkait. Dia meminta program bedah rumah diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

"Kalau perlu, sesuai ajakan, kita akan ke lapangan kita untuk turun meninjau langsung," tutupnya.

Permasalahan penyaluran bantuan bedah rumah yang tidak tepat sasaran ini tentu saja menjadi PR bagi pemerintah. Hal ini perlu segera ditindaklanjuti agar program tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuannya, yaitu untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan.

Pemerintah perlu memperkuat koordinasi antar instansi terkait, seperti Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan), Dinas Sosial, dan RT/RW. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa data penerima bantuan bedah rumah sudah benar dan akurat.

Pemerintah juga perlu memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat tentang program bedah rumah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang program tersebut dan agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam memberikan informasi tentang warga yang membutuhkan bantuan.

Pemerintah juga perlu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program bedah rumah. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa program tersebut berjalan dengan baik dan tidak ada penyimpangan.

Dengan adanya upaya-upaya tersebut, diharapkan program bedah rumah di Bontang dapat berjalan dengan lebih baik dan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.
 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV