SUARA INDONESIA

Hari Pertama Puasa, Pj. Bupati Probolinggo Kerahkan Tim Kerja Bakti Banjir Dringu

Lutfi Hidayat - 12 March 2024 | 15:03 - Dibaca 503 kali
Advertorial Hari Pertama Puasa, Pj. Bupati Probolinggo Kerahkan Tim Kerja Bakti Banjir Dringu
Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto di lokasi banjir Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu. (Foto: Lutfi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO – Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto menerjunkan tim kerja bakti banjir Dringu di hari pertama puasa Ramadhan 1445 H, Selasa pagi (12/3/2024).

Ugas bersama jajaran Forkopimda, OPD dan puluhan relawan mengawali kerja bakti dengan apel bersama di halaman Kantor Kecamatan Kraksaan. 

Kemudian menuju lokasi banjir di Desa Kedungdalem dan Desa Dringu yang menjadi kawasan terparah terdampak banjir bandang.

Pj. Bupati Probolinggo ditemani Kapolres Probolinggo dan Dandim 0820 Probolinggo saat tiba di lokasi banjir. Sebelum kerja bakti dimulai, Ugas Irwanto juga meninjau beberapa rumah warga yang rusak.

Tim kerja bakti dibagi menjadi 2 kelompok yang dikerahkan ke Desa Kedungdalem dan Desa Dringu. Sementara Pj. Bupati Probolinggo melakukan kerja bakti di Dusun Siwalan, Desa Kedungdalem.

Sambil kerja bakti membersihkan siswa material banjir, Ugas Irwanto juga sesekali menyapa dan berdialog dengan warga yang ditemuinya. Dialog dengan warga untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh para korban banjir.

Ugas mengatakan, kerja bakti di awal puasa tersebut adalah bentuk solidaritas dan kepedulian untuk membantu para warga korban banjir, karena semestinya di hari pertama puasa Ramadhan mereka menyambutnya dengan gembira, tapi kali ini sedang tertimpa musibah banjir.

“Kita fokus pada pembersihan dan ketersediaan dapur umum dulu, sambil melakukan penanganan secepatnya. Kita tetap berkoordinasi dengan pusat dan provinsi, tapi untuk hal-hal yang krusial ditangani secepatnya oleh pemerintah daerah,” ungkapnya.

Usai meninjau rumah warga terdampak banjir, Pj. Bupati Probolinggo memantau proses pembersihan jalan Deandels yang menghubungkan Desa Kedungdalem dan Desa Dringu. Pembersihan jalan ini melibatkan alat berat dari Dinas PUPR dan kendaraan berat dari Dinas Lingkungan Hidup.

Satu unit mobil Pemadam Kebakaran juga dikerahkan untuk membantu proses pembersihan sisa lumpur di jalan. Bahkan Pj. Bupati Probolinggo juga ikut membersihkan sisa lumpur menggunakan selang penyemprot air pemadam kebakaran. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV