SUARA INDONESIA

Raih Top Pembina BUMD 2024, ini Kata Bupati Trenggalek

Rudi Yuni - 20 March 2024 | 18:03 - Dibaca 382 kali
Advertorial Raih Top Pembina BUMD 2024, ini Kata Bupati Trenggalek
Bupati Trenggalek saat menerima piagam penghargaan atas prestasi pembina BUMD 2024. (Foto: Rudi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin berhasil meraih penghargaan sebagai pembina BUMD terbaik dalam ajang Top BUMD Award tahun 2024.

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Trenggalek pada Rabu (20/3/202) di Dian Ballroom Hotel Raffles, Jakarta. Top BUMD Award sendiri merupakan corporate rating, penilaian BUMD bertujuan mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.

Disampaikan Gus Ipin sapaan Bupati Trenggalek ini bahwa torehan prestasi ini untuk mendorong eksistensi BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) tidak perlu diragukan lagi.

"Hal ini dibuktikan dengan kontribusi PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang diberikan dan terus meningkat dari tahun ketahun. BPR Jwalita juga turut berperan aktif mendukung program program pemerintah daerah, diantanya mendorong pertumbuhan UMKM," katanya. 

"Bahkan salah satu yang tidak bisa kita lupakan upaya memerangi praktik renternir dengan program Kredit Pedagang Pasar (Gangsar) yang dilakukan beberapa tahun lalu hingga sekarang," lanjutnya.

Disampaikan Bupati tentunya keberhasilan BUMD ini tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala daerahnya. Karena tidak hanya dirinya yang dinobatkan sebagai TOP Pembina BUMD terbaik, PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) juga berhasil naik eskalasi dari BUMD Bintang 4 tahun 2023 menjadi BUMD Bintang 5 di tahun 2024 ini.

Tidak hanya itu Dwi Fraidianriani, Direktur Utama BPR Jwalita juga menjadi salah satu  TOP CEO BUMD tahun 2024 dalam ajang yang sama. Dirinya juga mengucapkan selamat dan salah satunya BPR Jwalita karena dianggap selain kinerja keuangan sebagai sebuah perusahaan yang baik.

"Tetapi juga dianggap punya social impact karena meluncurkan program kredit sanitasi untuk warga yang ingin mendapatkan sanitasi yang lebih baik, yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas hidup dan juga kesehatan," ucap Bupati.

"Jadi itu yang menjadi  salah satu strong point mengapa BPR Jwalita TOP BUMD Award Bintang 5 atau kategori yang paling tinggi. Harapannya semua BUMD bisa seperti BPR Jwalita. Apalagi BPR Jwalita juga baru saja restrukturisasi organisasi," tandasnya.

Sedangkan di bidang energi, lanjut Bupati ada PT. Jwalita Energi Trenggalek (JET) dan masih ada  beberapa BUMD lain. "Semoga ini  nanti diikuti," ujarnya. 

Sementara itu, Direltur Utama BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) Dwi Fraidianriani menambahkan penghargaan untuk BPR nya tidaklah datang tiba-tiba, melainkan melalui tahapan penilaian yang panjang yang dilakukan oleh lembaga yang kompeten.

"Penilaian melalui  beberapa tahapan, salah satunya melalui wawancara  dan beberapa metode penjurian lainnya. Salah satunya dilakukan oleh team dari Universitas Padjajaran di Bulan Januari 2024 lalu," kata perempuan energik itu.

Lanjutnya, bila sebelumnya tahun 2023 kita mendapatkan peringkat Bintang 4, tahun 2024 ini kita meraih Bintang 5. "Ini menunjukkan konsistensi kita dalam mengelola salah BUMD milik Kabupaten Trenggalek," katanya.

"Beberapa inovasi yang kami lakukan mungkin dapat direkomendasikan kepada BUMD lain di Indonesia. Seperti Kredit Krisna (Air dan Sanitasi), Program yang menyentuh ekonomi kerakyatan seperti Gangsar (Kredit Pedagang Pasar Tanpa Jaminan). Bahkan tercatat laba kami tahun 2023 sebesar Rp 2,560 miliar," tutupnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV