SUARA INDONESIA

Parade Musik Tong-Tong, Ribuan Masyarakat Padati Rumdis Bupati Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 10 June 2023 | 20:06 - Dibaca 1.20k kali
Budaya Parade Musik Tong-Tong, Ribuan Masyarakat Padati Rumdis Bupati Sumenep
Ribuan warga yang memadati depan Rumah Dinas Bupati Sumenep untuk menyaksikan Parade Musik Tong-tong. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Parade Musik Tong-Tong resmi digelar Sabtu, (10/06/2023) malam ini, guna memeriahkan peringatan Juni Bulan Bung Karno. 

Berdasarkan pantauan media suaraindonesia.co.id di lapangan, terlihat ribuan warga telah memadati depan Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Sumenep, sejak pukul 19.00 WIB. 

Dengan berhiaskan ukiran dan lampu kerlap-kerlip berbagai warna, enam grup tong-tong terbaik Sumenep, juga telah berbaris rapi di pinggir jalan. 

Sesekali setiap grup tong-tong unjuk kebolehan dengan memainkan alat musiknya, yang berhasil membuat para penonton terlarut dalam alunan irama dan ikut berjoget. 

Salah seorang penonton Syaiful Abdurrahman mengungkapkan, dirinya sangat antusias untuk melihat grup tong-tong favoritnya, yakni Gong Mania turut tampil dalam parade tersebut. 

Bahkan, ia mengajak anak dan istrinya yang juga merupakan pecinta musik tradisional tersebut. 

"Alhamdulillah, setiap ada tong-tong selalu menyempatkan untuk nonton. Mau lihat Gong Mania itu, favorit," katanya, saat dikonfirmasi oleh media, Sabtu (10/06/2023). 

Menurut Syaiful, musik tong-tong sejauh ini, memang menjadi salah satu pertunjukan kesenian yang sangat dinantikan oleh warga Sumenep. 

Ia berharap, penampilan serupa dapat digelar secara rutin oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. 

"Semoga bisa digelar rutin. Karena juga melestarikan musik tradisional kan," ucapnya. 

Sebelumnya, Bupati Sumenep Achamd Fauzi menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, sejauh ini memang berkomitmen untuk terus mendukung segala kegiatan yang dinilai positif.

Terlebih, kata dia jika kegiatan yang digagas tersebut, mampu mengangkat dan mengenalkan potensi kekayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Sumenep.

"Kami tentu mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Dengan begini, juga dapat melestarikan musik tradisional kan," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV