SUARA INDONESIA

Jadi WBTB Sumenep, Musik Tong-Tong Terpilih untuk Ramaikan Juni Bulan Bung Karno

Wildan Mukhlishah Sy - 10 June 2023 | 21:06 - Dibaca 1.33k kali
Budaya Jadi WBTB Sumenep, Musik Tong-Tong Terpilih untuk Ramaikan Juni Bulan Bung Karno
Musik tong-tong yang tampil dalam peringatan Juni Bulan Bung Karno. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Menjadi salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Sumenep, musik tong-tong terpilih sebagai salah satu penampilan yang meramaikan peringatan Juni Bulan Bung Karno 2023 di Kabupaten Sumenep. 

Terdapat sebanyak enam grup tong-tong andalan Sumenep, yang hadir dan siap menghibur masyarakat dari Depan Rumah (Rumdis) Bupati hingga garis finish di Lapangan Giling. 

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat diwawancarai oleh sejumlah media, di tengah ramainya alunan musik tong-tong, Sabtu (10/06/2023). 

Bupati menyebut sebagai salah satu WBTB, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep ingin, bersama masyarakat untuk terus melestarikan musik tradisional tersebut. 

Dirinya mengakui bahwa musik tong-tong, menjadi penampilan kesenian yang paling disukai dan dinantikan oleh masyarakat lokal, maupun luar Sumenep. 

"Sebagai salah satu WBTB, maka kami ingin untuk terus menjaga dan melestarikan musik tong-tong," katanya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Juni Bulan Bung Karno Abrari menjelaskan, hal tersebut bertujuan untuk mengingatkan kembali pada masyarakat, bahwa Indonesia pernah memiliki sosok proklamator yang sangat luar biasa dan berperan penting dalam kemerdekaan Republik Indonesia, yakni Ir Soekarno. 

Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat dapat senantiasa mengenang segala jasa Bung Karno, serta melanjutkan perjuangan yang telah dimulai oleh Presiden pertama RI tersebut. 

"Kita harus dan perlu melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh Bung Karno," tutupnya. 

Sekedar diinformasikan, enam grup musik tong-tong yang tampil kali ini, adalah Lanceng Kermata, Gong Mania, Putra Sindingpuri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep dan Pornama Alam. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV