SUARA INDONESIA

H-1 Lebaran 2023 Harga Bapok di Sumenep Melonjak Drastis Bahkan Lebih 60%

Wildan Mukhlishah Sy - 21 April 2023 | 14:04 - Dibaca 1.31k kali
Ekbis H-1 Lebaran 2023 Harga Bapok di Sumenep Melonjak Drastis Bahkan Lebih 60%
Penjual di salah satu pasar. Foto: suara.com

SUMENEP- H-1 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, sejumlah bahan pokok (Bapok) di Kabupaten Sumenep mengalami pelonjakan harga yang cukup drastis, bahkan lebih dari 60% dibanding harga biasanya, Jumat (21/4/2023). 

Hal tersebut sebagaimana yang dilontarkan oleh salah seorang penjual di pasar tradisional Sumenep dengan inisial AR. 

Menurutnya, menjelang lebaran harga bapok memang selalu mengalami pelonjakan, namun jika sudah H-1, kenaikan harga biasanya akan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. 

Ia mencontohkan, untuk bawang prei saat ini berada angka Rp 80 ribu/kg, padahal sebelumnya pada Kamis (20/4/2023) masih di harga Rp 18 ribu/kg.

"Kemarin masih Rp 18 ribu, sekarang sudah Rp 80 ribu," jelasnya. 

Sementara itu, salah seorang pembeli Masrida mengaku sangat terkejut dengan harga beberapa bahan pokok yang mengalami pelonjakan drastis dengan rentan waktu hanya satu hari. 

"Kaget, kemarin masih tidak setinggi itu naiknya. Semoga bisa segera stabil harganya," katanya. 

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM dan Perindag) Sumenep Chainur Rasyid menyampaikan, pelonjakan harga tersebut disebabkan oleh momentum Idul Fitri 1444 H. 

Menurutnya, dengan banyaknya permintaan dari konsumen, sementara ketersediaan barang sedikit, maka secara otomatis akan terjadi kenaikan harga. 

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Inung itu menuturkan, selepas lebaran 2023 harga bahan pokok diprediksi akan kembali stabil seperti sebelumnya. 

Pihaknya mengaku, sebelumnya telah melakukan berbagai antisipasi termasuk operasi pasar dan bazar murah, guna menjaga stabilitas harga bapok di Sumenep. 

"Ini karena momentum saja. Kita lihat setelah lebaran nanti, harganya pasti akan kembali stabil. Karena beberapa hari yang lalu kita sudah cek dan pastikan ke pasar, bahwa harga bapok masih stabil," tandasnya. 

Diinformasikan, sejumlah bapok yang terpantau mengalami kenaikan antara lain, daging sapi yang semula hanya Rp 120 ribu/kg, saat ini menjadi Rp 150 ribu/kg. Selanjutnya, daging ayam potong yang sebelumnya Rp 40 ribu/kg, kini naik menjadi Rp 50 ribu/kg.

Sejumlah bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan tomat juga mengalami kenaikan sekitar Rp 4.000 hingga Rp 32.000/kg nya.

Kemudian untuk komoditas cabai merah besar juga diketahui mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan, dari awalnya Rp 70 ribu/kg menjadi Rp 112 ribu/kg. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV