SUARA INDONESIA

PC GP Ansor Mojokerto Raya Gelar Dialog Kemanusiaan Bersama Sujiwo Tejo dan Habib Husien Ja'far

Mohamad Alawi - 20 December 2022 | 08:12 - Dibaca 1.75k kali
Khazanah PC GP Ansor Mojokerto Raya Gelar Dialog Kemanusiaan Bersama Sujiwo Tejo dan Habib Husien Ja'far
Sujiwo tejo dan Habib Husein Ja'far Al Hadar sedang melakukan Dialog Kemanusiaan Dialog Menjunjung Toleransi Menciptakan Persatuan bersama para milenial.

MOJOKERTO - Pimpinan Cabang atau PC GP Ansor Mojokerto Raya menggelar dialog kemanusiaan dengan tema menjunjung toleransi menciptakan persatuan di Pendopo Rakyat Rumah Dinas Wakil Bupati Mojokerto, Senin (19/12/2022) malam. 

Acara kali ini dihadiri Budayawan Sujiwo Tejo dan Habib Husein Ja'far Al Hadar Pendakwah Milenial.

Acara yang dikemas dialog interaktif antara para milenial yang hadir dengan kedua tokoh besar itu, berlangsung hingga larut malam dalam suasana kedamaian dan khidmat.

Sujiwo Tejo mengajak kepada para generasi muda untuk selalu untuk menjaga toleransi antar umat beragama serta senantiasa menghormati para kiai dan guru serta menjunjung tinggi harkat dan martabat orang tua kandung.

"Untuk menuntut atau belajar ilmu itu harus langsung datang kepada guru maupun kiai, jangan sebaliknya. Sedangkan, kalau hidup kita ingin berhasil dan barokah didunia, serta apapun yang akan kita lakukan bersifat positif, mintalah restu dan doa dari orang tua kandungmu. Hidupmu akan menjadi berharga kalau kamu selalu patuh dan menjunjung tinggi harkat martabat orang tua kandungmu," ungkap Sujiwo Tejo. 

Sedangkan Habib Husein Ja'far Al Hadar menyampaikan bahwa, dialog kemanusiaan untuk menjunjung toleransi dan menciptakan persatuan. Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, dan ras bangsa yang menjadi keunikan dan kebanggaan sendiri bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan upaya maksimal dalam menciptakan kerukunan antar umat agar dapat menjaga keutuhan dan persatuan bangsa ini.

"Monumen kebudayaan, kebangsaan dan keberagamaan yang telah didirikan di atas kepahlawanan Riyanto. Harus selalu ditumbuhkan menjadi harga mahal dari wafatnya almarhum Riyanto, yaitu dalam nilai kebudayaan kebangsaan dan keagamaan yang diikat dalam satu nilai utama adalah toleransi," ujarnya. 

"Malam ini, ekspresinya begitu luas dan beragam ada senyum maupun tangis, yang membuat sosok almarhum Riyanto terasa hadir dan memberikan kekuatan bagi kita para pejuang kemanusiaan, untuk terus berada di garda depan dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan khususnya di Mojokerto Raya sebagai tuan rumah,"tambahnya.

Karena platform digital itu sekarang menguasai berbagai narasi baik itu kebangsaan keagamaan maupun kebudayaan. Untuk itu, perjuangan toleransi utamanya sekarang adalah di media digital Bagaimana anak-anak muda yang berada di sana itu menjadi inspirator sekaligus penerima inspirasi tentang toleransi. Mereka mengadopsi nilai-nilai itu dari digital, kegiatan malam ini dapat menjadi gong untuk menumbuhkan inspirasi dan semangat bagi lainnya untuk memviralkan di berbagai media sosial. 

"Kita mengambil ilmu sumbernya harus berbasis kepada guru yang kompeten. Karena belajar dari plafon digital enggak ada masalah, hanya sebagai wasilah sebagaimana kita belajar dari buku dari media-media manapun. Nah, dari sanalah kemudian keberkahan akan tumbuh. Kita mengambil ilmu melalui platform digital dari guru-guru diyakini keberkahannya. Untuk dialog kemanusiaan dalam rangka toleransi menciptakan persatuan ini, yang pertama mendoakan almarhum Riyanto karena beliau telah memberikan kontribusi yang besar bagi toleransi kita dan kemanusiaan. Kemudian yang kedua menjadi momentum silaturahmi bagi kita di tengah perbedaan. Ketiga, menjadi momentum bagi kita untuk mengingat kembali nilai-nilai kemanusiaan dan menyebarkannya kembali dengan penuh semangat nilai-nilai kemanusiaan," tandasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV