SUARA INDONESIA

Ribuan Warga Tidak Mampu di Cilacap Dapat Bantuan Sambungan Listrik Gratis

Satria Galih Saputra - 27 July 2023 | 22:07 - Dibaca 962 kali
News Ribuan Warga Tidak Mampu di Cilacap Dapat Bantuan Sambungan Listrik Gratis
Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Fraksi PDI Perjuangan Samirun sosialisasi Sambungan Listrik Gratis di Desa Slarang (Foto : istimewa)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah di tahun 2023 ini mendapat alokasi bantuan sambungan listrik gratis untuk ribuan warga tidak mampu. 

Bantuan tersebut diberikan melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Komisi D DPRD Provinsi. 

"Tahun ini untuk Kabupaten Cilacap kami alokasikan sejumlah 1.000 unit. Masih progres, saat ini yang sudah terpasang 185 unit," ungkap Kasi Energi Cabang Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Wilayah Selamet Selatan Saptono Purwo Pranggoro saat ditemui di usai kegiatan sosialisasi di Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kamis siang (27/07/2023). 

"Kita menyebutnya listrik murah dan hemat energi," sambungnya. 

Purwo sendiri mengaku dalam penyerapan mengalami keterlambatan. Hal dikarenakan adanya kendala saat pelaksanaan di lapangan seperti warga telah memiliki listrik sendiri, pemilik rumah meninggal dunia, dan NIK sudah ber-ID pelanggan PLN. 

"Ada juga yang jauh dari jaringan listrik PLN, ini yang tidak bisa kami kerjakan. Mengatasi hal ini, kami sudah menyiapkan penggantinya," tandasnya. 

"Untuk sisanya nanti kita penuhi di anggaran perubahan. Mekanismenya kan mengganti nama-nama ini ke nama yang baru, setelah itu baru bisa dikerjakan," lanjutnya. 

Sementara bagi warga di Cilacap yang belum teraliri listrik, Purwo mengajak untuk segera mengajukan ke Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah. 

"Untuk warga yang belum memiliki listrik sendiri, tidak mampu dengan catatan terdaftar di DTKS, dan jaringan PAL tidak lebih dari 40 meter silahkan mengajukan ke kami. Dan setiap tahun kami selalu mengalokasikan," katanya. 

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Fraksi PDI Perjuangan Samirun menyampaikan, bahwa bantuan sambungan listrik gratis untuk warga ini selain mensukseskan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL), juga sebagai upaya mengentaskan kemiskinan. 

"Kabupaten Cilacap desa miskinnya cukup banyak 73 desa dan 37 desa kategori ekstrem. Banyak rumah warga yang belum teraliri listrik," jelasnya. 

"Mudah-mudahan bantuan sambungan listrik 1.000 unit ini kedepan terserap dengan baik," ujar Samirun. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV