SUARA INDONESIA

Petani di Jombang Bungkus Bunga Jagung dengan Kertas Agar Hasil Panen Maksimal

Gono Dwi Santoso - 01 August 2023 | 16:08 - Dibaca 1.12k kali
News Petani di Jombang Bungkus Bunga Jagung dengan Kertas Agar Hasil Panen Maksimal
Petani jagung di Desa Plandi Kabupaten Jombang saat membungkus bakal bunga dengan kantong kertas. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Inovasi agar produksi dan hasil panen meningkat dilakukan petani jagung di Desa Plandi, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Petani membungkus bakal bunga jagung dengan kantong kertas agar bisa berbuah maksimal, terhindar dari serangan hama dan virus, sekaligus memaksimalkan proses penyerbukan silang tanaman jagung.

"Ini sudah mengembang, ditutup agar aman dari hama," ungkap seorang petani jagung Desa Plandi, Puji (48) kepada Suara Indonesia, Selasa (01/08/2023).

Dia mengatakan, selain melindungi dari hama, penutupan dengan kantong kertas dilakukan agar serbuk sari tidak rontok ketika terkena angin. "Ya biar tidak rontok, karena nanti kan dilakukan penyerbukan silang," imbuhnya.

Selama ditutup dengan kantong kertas, petani melakukan pengecekan berkala untuk melihat perkembangan tanaman. Jika proses penyerbukan pertama tidak berhasil maka harus dilakukan penyerbukan kedua dengan jarak beberapa pekan. 

”Maksimal dilakukan tiga kali proses pengkawinan pada tanaman jagung ini. Sampai menjadi buah besar,’’ terangnya.

Puji menambahkan, dari pengalaman sebelumnya proses penyerbukan silang buatan memiliki beberapa manfaat. Selain lebih aman dari serangan hama, hasil produksi jagung juga lebih tinggi. 

”Ya jagungnya lebih bagus, karena bibitnya juga pilihan dari pabrik di Jemursari Surabaya,’’ pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV