SUARA INDONESIA

LRT Jabodebek Segera Beroperasi, 18 Stasiun Siap Layani Penumpang

Ambang Hari Laksono - 26 August 2023 | 14:08 - Dibaca 622 kali
News LRT Jabodebek Segera Beroperasi, 18 Stasiun Siap Layani Penumpang
Penampakan salah satu stasiun LRT Jabodebek jelang dioperasikan 28 Agustus 2023 mendatang. (Foto : Istimewa/Suaraindonesia.co.id)

JAKARTA, Suaraindonesia.co.id - Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang direncanakan mulai beroperasi pada Senin, 28 Agustus 2023 akan terdapat 18 stasiun yang melayani pelanggan LRT Jabodebek. 

18 stasiun tersebut antara lain, stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

“Stasiun-stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi - lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. Tujuannya untuk memudahkan para penglaju bertransportasi dari dan menuju Ibu Kota atau wilayah lainnya,” ungkap Vice Precident Public Relations KAI, Joni Martinus melalui siaran pers, Sabtu (26/8/2023) siang.

Dirinya menyampaikan jika, stasiun LRT terdiri dari 2 tipe yaitu tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. 

“Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya. Interchange Station terdiri dari 3 lantai dimana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan untuk tipe Typical Station terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron,” jelasnya.

Untuk menunjang kenyamanan para pelanggan saat berada di stasiun, Joni menyebut bahwa stasiun LRT Jabodebek dilengkapi dengan fasilitas akses berupa eskalator, tangga, dan lift, toilet, ruang menyusui, musala, ruang kesehatan, Passenger Information Display System (PIDS), passenger announcement, dan CCTV.

“Pemerintah dan KAI juga berupaya menghadirkan stasiun LRT Jabodebek yang ramah disabilitas dengan menghadirkan lift, gate, toilet khusus disabilitas serta tactile. Dengan hadirnya fasilitas tersebut diharapkan dapat mempermudah pelanggan disabilitas dalam melakukan mobilitas menggunakan LRT Jabodebek,” bebernya.

Terkait pengoptimalan layanan di stasiun, KAI telah menyiapkan petugas yang siap sedia untuk melayani pelanggan. Petugas tersebut meliputi Pengawas Stasiun, petugas loket, passenger service, cleaning service, petugas kesehatan, dan security.

“Stasiun-stasiun LRT Jabodebek terletak tidak jauh dari titik moda transportasi umum lainnya. Sehingga akan memudahkan pelanggan yang akan menggunakan transportasi umum lanjutan,” tukasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV