SUARA INDONESIA

MUI Jatim Desak KH. Anwar Iskandar Segera Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum MUI

Lutfi Hidayat - 11 September 2023 | 10:09 - Dibaca 626 kali
News MUI Jatim Desak KH. Anwar Iskandar Segera Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum MUI
Ketua Dewan Pimpinan MUI Jatim, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah. (Istimewa/muijatim.or.id)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (DP MUI Jatim) mendesak MUI Pusat segera mengukuhkan secara resmi KH. Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH. Miftachul Akhyar.

Alasannya, karena penetapan KH. Anwar Iskandar telah disepakati dalam Rapat Pleno MUI di Hotel Bidakara, Jakarta pada 15 Agustus 2023 lalu.

Ketua Panitia Rapat Pleno MUI, Rofiqul Umam Ahmad, saat itu menyatakan bahwa selanjutnya keputusan tersebut perlu mendapatkan pengesahan melalui Rapat Paripurna MUI.

Ketua DP MUI Jatim KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah dengan tegas mendorong agar proses pelantikan tersebut segera dilakukan.

"MUI Jatim mendesak agar KH. Anwar Iskandar segera dikukuhkan atau dilantik sebagai Ketua Umum (MUI) yang baru, agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan resmi dalam jangka waktu yang panjang," ungkapnya dalam rilis resmi DP MUI Jatim yang diterima Suaraindonesia.co.id, Minggu malam (11/09/2023).

DP MUI Jatim juga mendorong agar Dewan Pertimbangan MUI, Dewan Pimpinan MUI, Ketua dan Sekretaris Komisi, Badan, dan Lembaga di bawah MUI agar hadir (proaktif-red) untuk segera melaksanakan Rapat Paripurna pengesahan Ketua Umum MUI yang baru.

"Kami semua DP MUI di provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan bermohon disegerakannya pelaksanaan Rapat Paripurna dimaksud dengan dihadiri secara langsung oleh para pemangku kepentingan MUI," imbuh mantan Ketua PWNU Jawa Timur ini.

MUI Jawa Timur juga meminta agar MUI tidak terpengaruh konstelasi politik yang ada, mengingat semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu 2024, dengan mendorong MUI agar tetap menjaga kredibilitas organisasinya meskipun sedang berada dalam tahun politik. 

Menutup pernyataannya, Kiai Mutawakkil-sapaan Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong ini, menyebut penetapan KH. Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI, adalah keputusan yang harus didukung oleh seluruh jajaran kepemimpinan MUI.

"DP MUI Jawa Timur meyakini sepenuhnya bahwa ketetapan MUI untuk menetapkan KH Anwar Iskandar, adalah keputusan yang harus didukung oleh kepemimpinan MUI di semua jajaran. Mengingat beliau adalah sosok sesepuh di PBNU serta juga sedang menduduki Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV