SUARA INDONESIA

Salurkan Bantuan DBHCHT di Lima Desa di Jember, Ini Pesan Bupati Hendy

Ambang Hari Laksono - 08 October 2023 | 14:10 - Dibaca 1.08k kali
News Salurkan Bantuan DBHCHT di Lima Desa di Jember, Ini Pesan Bupati Hendy
Bupati Jember Hendy Siswanto membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). (Foto: Ambang/Suara Indonesia)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id - Bupati Jember Hendy Siswanto, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada warga di lima desa di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Bantuan tersebut, disalurkan hanya dalam kurun waktu sehari. Kelima desa itu adalah, Desa Sumber Jeruk, Desa Galagahwero, Desa Sukoreno, Desa Plalangan dan Desa Ajung.

“Kami membagikan BLT dan juga menyosialisasikan gerakan Gempur Rokok Ilegal dengan tidak membeli rokok ilegal dan melaporkan kepada kami jika mengetahui ada rokok ilegal,” papar Hendy, Sabtu 07 Oktober 2023.

Ia juga sekaligus mengingatkan warga, jika membeli rokok ilegal akan merugikan negara, dan yang menjualnya bisa dikenakan sanksi hukum.

“Sehingga itu semua tidak ada manfaatnya, banyak kerugiannya,” ujarnya.

“Maka dari itu, kami mengimbau masyarakat agar hanya membeli rokok yang legal atau mempunyai pita cukai resmi,” sambungnya.

Hendy mengatakan, dengan membeli rokok legal atau yang memiliki pita cukai resmi, maka turut berkontribusi dalam kemajuan Indonesia.

Bupati Hendy juga menyatakan, bantuan yang diberikan kepada warga di lima desa itu berjumlah 68.997 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Per keluarga menerima total Rp 400 ribu. Ada sekitar 68.997 KPM yang berhak menerima BLT ini,” tutupnya. 

Sementara itu, Fahmi (48) pengemudi becak motor (bentor) dari desa Sumber Jeruk yang merupakan salah satu penerima bantuan, mengaku senang dan berterima kasih pada Pemkab Jember serta Bupati Hendy.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat, apalagi anak saya baru masuk SMA tahun ini dan butuh banyak biaya, terimakasih Pak Bupati,” ujarnya saat dikonfirmasi. 

Dirinya juga mengatakan, dengan bantuan yang diberikan ini, selain digunakan untuk biaya sekolah putranya, juga akan ia gunakan sebagai tabungan Idul Fitri tahun mendatang.

“Saya orang kecil, nggak punya gaji tetap, dari hasil narik bentor juga nggak seberapa, jadi setiap ada rezeki lebih pasti saya sisihkan buat tabungan Idul Fitri,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV