SUARA INDONESIA

Awasi Kualitas, Diperta Probolinggo Periksa Sampel Produk Asal Hewan di Pasar Tradisional

Lutfi Hidayat - 08 March 2024 | 09:03 - Dibaca 539 kali
News Awasi Kualitas, Diperta Probolinggo Periksa Sampel Produk Asal Hewan di Pasar Tradisional
Petugas Diperta Kabupaten Probolinggo dan Tim UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang, saat mengambil sampel produk asal hewan di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO - Pengawasan kualitas produk hewan dilakukan Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Pengambilan sampel produk kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet) dilakukan di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan bersama Tim UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang dan Medik Veteriner Muda Diperta Kabupaten Probolinggo.

"Pengawasan kualitas produk hewan harus dilakukan menyeluruh, agar dapat memenuhi produk pangan asal hewan yang aman, sehat, utuh dan halal," ungkap Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo, Mahbub Zunaidi melalui Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto, Jumat (8/3/2024).

Niko sapaan dokter hewan itu, mengatakan sampel Kesmavet yang diambil meliputi 3 sampel daging sapi, 3 daging ayam, 1 sampel susu, 4 butir telur ayam ras dan 3 sampel produk olahan pentol, nugget serta sosis.

"Pemeriksaan sampel ini untuk mengetahui kualitas produk pangan asal hewan. Untuk mengetahui cemaran mikroba yang terdapat pada produk pangan asal hewan, juga mengetahui penyakit zoonosis (salmonellosis) pada produk tersebut," terangnya.

Dia menambahkan, pengambilan sampel produk Kesmavet bertujuan melindungi masyarakat agar mendapatkan makanan bergizi, sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan, juga memenuhi tuntutan masyarakat akan jaminan keamanan, kesehatan dan kehalalan produk pangan asal hewan.

Tidak hanya saat menjelang Ramadhan, pemeriksaan sampel bahan pangan asal hewan ini juga dilakukan secara rutin dan berkala di luar momentum hari besar. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV