SUARA INDONESIA

Pastikan Persedian Bahan Pokok Jelang Ramadan hingga Lebaran, Forkopimda Situbondo Sidak Dua Pasar Tradisional

Syamsuri - 08 March 2024 | 16:03 - Dibaca 734 kali
News Pastikan Persedian Bahan Pokok Jelang Ramadan hingga Lebaran, Forkopimda Situbondo Sidak Dua Pasar Tradisional
Forkopimda saat Sidak ke Pasar Ardirejo untuk memastikan Persedian stock di Situbondo. ( Foto : Syamsuri/ Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Menjelang bulan suci Ramadan, Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama forum koordinasi pimpinan daerah (forkompinda), melakukan sidak di dua  pasar tradisional. Yakni Pasar Panji dan Pasar Ardirejo di Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (8/3/2024).

Pada saat sidak, Karna datang bersama Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Alexander A.B, Kepala Pengadilan Negeri Situbondo Achmad Rasjid dan beberapa pejabat Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Situbondo.

Saat meninjau di pasar Ardirejo diketahui stok bahan pangan dan kondisi harga sejumlah kebutuhan pokok ada yang turun dan ada juga yang mengalami kenaikan.

Karna Suswandi bersama forkompinda pada saat sidak disambut baik oleh warga yang sedang berbelanja pun juga oleh para pedagang.

Di sela-sela sidak pasar tradisional, Karna menjelaskan, sidak ini dalam rangka memastikan harga dan ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri di Situbondo aman.

Hasilnya diketahui bahwa sebagian harga sembako ada yang turun dan ada yang naik. Seperti harga sayur mayur turun, harga beras ada penurunan serta yang mengalami kenaikan seperti telur, daging ayam potong, daging sapi dan kambing.

"Untuk itu, Kami akan terus memantau harga pasar selama bulan Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri. Sedangkan untuk stok ketersediaan pangan di wilayah Kabupaten Situbondo aman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menyebut  pemantauan stok dan harga bahan pokok bertujuan untuk mengawal ketersediaan bahan-bahan kebutuhan pangan masyarakat. Karena kita ketahui bersama ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat berdampak besar pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Untuk sementara di Situbondo tidak ditemukan penyimpangan seperti penimbunan bahan pangan atau kegiatan lain yang melanggar aturan sehingga menimbulkan keresahan masyarakat. Namun Kepolisian bersama Pemerintah Daerah akan terus melakukan monitoring," katanya.

Dalam kegiatan sidak pasar tersebut juga dihadiri Muspika Panji, Lurah Mimbaan, dan Lurah Ardirejo, serta Kepala Pasar Panji dan Pasar Ardirejo.

Sementara itu, Ilham salah satu pedagang di Pasar Ardirejo Situbondo mengatakan jika ada beberapa barang yang baik seperti Daging ayam Rp 38 ribu per kilogram sebelumnya Rp 32 ribu.

"Kenaikan daging ayam ini sudah sekitar dua mingguan. Ada penurunan daya beli sekarang hanya mampu menjual sekitar satu kuintal dulu masih harga 32 ribu 2 kuintal," ungkap Ilham.

Tidak hanya itu, Ilham juga menjelaskan harga Beras medium 14.500, turun dari 15.200 per-kilogram sedangkan Beras premium 15.200 turun dari sebelumnya 16.000 per-kilogram.

"Gula 16.500 kemarin 14.000 per-kilogram, minyak goreng curah naik sebelumnya Rp 15.500 sekarang Rp 16.500 per kilogram, tomat kemarin Rp 12.000 per kilogram sekarang Rp 15.000 per kilogram," ungkapnya.

Sedangkan untuk cabai rawit, kata Ilham turun dari sebelumnya Rp 50 ribu menjadi Rp 43 ribu per kilogram. "Daging sapi stabil 120 ribu perkilogram," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV