SUARA INDONESIA

Plt Menpora Muhadjir Effendy: Naturalisasi Itu Jalan Terakhir, Utamakan Bakat Sendiri

Redaksi - 21 March 2023 | 11:03 - Dibaca 850 kali
Olahraga Plt Menpora Muhadjir Effendy: Naturalisasi Itu Jalan Terakhir, Utamakan Bakat Sendiri
Plt Menpora, Muhadjir Effendy

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia sebagai Plt Menpora RI Muhadjir Effendy menegaskan bahwa naturalisasi merupakan jalan terakhir dalam memperkuat tim nasional sepak bola.

Oleh karena itu, katanya, pemerintah dan para pemangku kepentingan menyepakati bahwa naturalisasi hanya digunakan untuk menutup kekosongan talenta yang belum diisi oleh bakat - bakat nasional.

Menurut Muhadjir, sikap terkait naturalisasi tersebut sudah disampaikan oleh Komisi X DPR RI. Parlemen menekankan bahwa naturalisasi adalah jalan paling ujung dalam membangun olahraga nasional.

“Komisi X sudah sampaikan naturalisasi adalah keputusan paling ujung dalam membangun olahraga nasional. Jangan dikit-dikit naturalisasi," ujarnya.

Muhadjir menegaskan, bahwa naturalisasi bisa menutup peluang talenta terbaik Indonesia. Oleh karena itu, sepakbola dan basket harus segera membuat cetak biru (blue print) pengembangannya ke depan.

"Apalagi sepak bola sudah ada keppres-nya. ini akan menjadi dasar pembangunan sepak bola Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, hari ini, Komisi X menyetujui rekomendasi atas nama Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Jerome Beane Jr.

Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick merupakan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 yang direkomendasikan pelatih Shin Tae Yong.

Ketiga pemain keturunan itu diharapkan bisa semakin menguatkan skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Shin Tae Yong sendiri sudah memanggil ketiga pemain keturunan itu dalam training camp (TC) atau pemusatan latihan Timnas U-20 yang dimulai hari ini, Senin (20/3/2023). Skuad Garuda Nusantara dijadwalkan menjalani TC di Korea Selatan. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV