SUARA INDONESIA

KONI Cilacap Targetkan Masing-masing Cabor Raih 1 Medali Emas Pada Porprov 2023

Satria Galih Saputra - 04 May 2023 | 23:05 - Dibaca 1.63k kali
Olahraga KONI Cilacap Targetkan Masing-masing Cabor Raih 1 Medali Emas Pada Porprov 2023
Ketua KONI Kabupaten Cilacap, Bambang Sri Wahono (Tengah) (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Pada ajang Porprov Jawa Tengah yang berlangsung di Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada bulan Agustus 2023 nanti, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cilacap mentargetkan masing-masing cabang olahraga (Cabor) meraih juara dengan memperoleh 1 medali emas. 

Hal itu disampaikan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cilacap, Bambang Sri Wahono kepada wartawan usai kegiatan persiapan jelang Porprov dan Halal Bihalal KONI di Aula SMK Dr. Soetomo Cilacap, Kamis (4/5/2023). 

"Dalam pertemuan tadi bersama 34 cabang olahraga, ada bola, balap sepeda dan lainnya, semuanya telah sepakat untuk menjadikan juara masing-masing Cabor minimal 1 cabang memperoleh 1 medali emas pada ajang Porprov di Pati Raya," ungkap Bambang. 

Kendati demikian, pihaknya mengharapkan ada cabang olahraga meraih lebih dari 1 medali emas. 

"Harapannya ada Cabor yang meraih lebih dari 1 medali emas. Tapi kita berusaha masing-masing Cabor minimal meraih 1 emas," ujar Bambang. 

Diketahui, sebanyak 250 atlet dari 34 cabang olahraga tersebut telah lolos mengikuti pra Propov dan akan berlaga di ajang Porprov di Pati Raya yang digelar tanggal 5 hingga 11 Agustus 2023 mendatang. 

"Sebelum puasa para atlet sudah melakukan latihan, insyaallah setelah lebaran ini, semangat mereka bertambah. Dan saya juga menekankan kepada para atlet ini agar terus berlatih," kata Bambang. 

Lanjut Bambang, bagi atlet yang meraih juara akan mendapat bonus dan insentif bulanan dari pemerintah kabupaten Cilacap. 

"Bonus ini untuk atlet, pelatih dan cabang olahraga sebagai bentuk apresiasi," ucap Bambang. 

Selain mentargetkan perolehan medali emas, diutarakan Bambang, bahwa KONI Cilacap juga berupaya agar Kabupaten Cilacap menduduki kembali peringkat 10 besar di Ajang Porprov tingkat Jawa Tengah tersebut. 

"Cilacap tahun 2022 kemarin rangking 9, target kita di tahun 2023 ini minimal rangking 9 lagi, syukur-syukur meningkat menjadi rangking 8," ujarnya. 

Lebih lanjut, Bambang menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan persiapan sebelumnya agar meraih hasil yang diinginkan, yaitu dengan melakukan traning center (TC).

"Kita sudah melakukan TC selama 2 bulan supaya atlet benar-benar latihan dengan sungguh-sungguh. Setelah itu, kemudian kita berangkatkan ke Pati Raya," jelasnya. 

Disamping itu, KONI Cilacap juga telah merealisasikan program BPJS Ketenagakerjaan untuk para atlet yang mengikuti ajang Porprov di Pati, Jawa Tengah. 

"Ini untuk menjamin kesehatan mereka. Jadi dijamin kalau nanti terjadi kecelakaan dan ada juga jaminan kematian. Mudah-mudah semua baik-baik saja, tapi kalau sampai terjadi, semua sudah dicover oleh badan hukum yaitu BPJS Ketenagakerjaan," kata Bambang. 

Bambang mengaku dalam waktu dekat, pihaknya bersama dengan para atlet akan menemui Pj Bupati Cilacap jelang Porprov. Hal itu dilakukan untuk memberikan dukungan dan semangat kepada para atlet. 

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan Pemkab terhadap KONI Cilacap, Bambang mengutarakan, bahwa Pj Bupati Cilacap telah sepakat mengalokasikan anggaran untuk KONI melalui anggaran perubahan di tahun berikutnya. 

"Memang keadaan baru pulih pasca pandemi Covid-19, jadi Pemkab Cilacap baru akan menganggarkan untuk KONI. Yang penting dari kita bersyukur bisa memberangkatkan atlet," tuturnya. 

Pengurus KONI Kabupaten Cilacap Bidang Organisasi, Deny Indriawan mengharapkan ke 34 cabang olahraga yang lolos mengikuti pra Propov tersebut agar dapat meningkatkan prestasi. 

"34 cabang olahraga ini supaya lebih meningkat lagi prestasinya, sehingga kita harapkan hasil yang terbaik nantinya. Terus berlatih dan semangat," tegas Deny. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV