SUARA INDONESIA

Bupati Sidoarjo Masuk Deretan Tokoh Politik Muda Terpopuler dan Tervokal Tahun 2022 Versi Indonesia Indikator

Sugiyanto - 18 January 2023 | 11:01 - Dibaca 2.01k kali
Pemerintahan Bupati Sidoarjo Masuk Deretan Tokoh Politik Muda Terpopuler dan Tervokal Tahun 2022 Versi Indonesia Indikator
Ahmad Muhdlor Ali, Bupati Sidoarjo

SIDOARJO - Ahmad Muhdlor Ali, politikus muda yang juga Bupati Sidoarjo menempati urutan ke-6 dalam daftar 20 politisi muda terpopuler (terpopuler) dan politisi muda vokal tahun 2022. Lembaga Survei Indikator Indonesia.

Alhasil, nama Bupati Ahmad Muhdlor Ali yang akrab disapa Gus Muhdlor menjadi politikus muda populer dengan total 17.601 pemberitaan dan pernyataan media. Indonesia Indikator juga mencatat tingkat vokal politikus muda Ahmad Muhdlor menempati peringkat ke-7 dengan jumlah ekspos sebanyak 8.021 berita.

Politisi muda papan atas yang menduduki peringkat 1 adalah putra Presiden Joko Widodo yang saat ini menjabat Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming. Dari unggahan di akun twitternya @gibran_tweet ia memposting hasil survei Indikator Indonesia dalam Rekap Indonesia 2022.

Kepopuleran Gibran diikuti Wali Kota Medan Muhammad Bobby Alf Nasution yang tak lain adalah kakak iparnya sendiri. Lalu ada nama Taj Yasin Maimoen, Wagub Jawa Tengah putra Syaikhona KH. Maimun Zubair berada di peringkat ke-6, dan ada Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik yang juga berada di jajaran politisi muda peringkat ke-11.

Sejak awal masa jabatannya, Gus Muhdlor telah menunjukkan komitmennya untuk menata dan mengembangkan Sidoarjo dari berbagai sisi. Ia kemudian menuangkan gagasan itu ke dalam 17 program prioritas yang sudah masuk dalam RPJMD 2021-2026. 

Dalam dua tahun terakhir sejak dilantik menjadi Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor langsung tancap gas menggerakkan roda birokrasi secara efektif dan tepat sasaran. Adapun program yang banyak menjadi perbincangan dan sorotan publik terkait dengan berbagai proyek pembangunan infrastruktur. Mulai dari proyek infrastruktur kesehatan, pendidikan dan infrastruktur jalan.

Kiprah Gus Muhdlor dalam mendorong pembangunan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Tren perkembangan yang positif menjadi alasan kuat bagi investor untuk memilih berinvestasi di kota Delta.

Politisi muda yang juga putra Kiai Khos Sidoarjo, Pengasuh Ponpes Progresif Bumi Sholawat Lebo Sidoarjo, KH. Agoes Ali Masyhuri dinilai cerdas dan cerdik dalam menjabarkan birokrasi dengan pemangku kepentingan sehingga masyarakat yakin akan ada perubahan ke arah yang lebih baik di Sidoarjo.

Menjaga Sidoarjo agar tetap kondusif, tenteram dan tertib serta mendorong menjaga kerukunan, kerukunan dan kekompakan terus didengungkan oleh Gus Muhdlor setiap turun tangga. Bagi bupati alumni Fisip Unair Surabaya ini, kunci keberhasilan pembangunan terletak pada kesesuaian kawasan.

Pengaruh tokoh-tokoh muda kota Delta dalam dua tahun sejak pelantikan 2021 begitu kuat dirasakan masyarakat Sidoarjo. Di bidang kesehatan sendiri telah merealisasikan pembangunan RSUD Sidoarjo Barat, dalam pelayanan kesehatan masyarakat dasar, penambahan 5 puskesmas baru. Kemudian dalam penguatan pelayanan dasar puskesmas, pihaknya tidak segan-segan melakukan pengawasan langsung kepada seluruh kepala puskesmas. Peningkatan layanan juga dilakukan dengan membuka seluas-luasnya ruang pengaduan melalui call center 112 bebas pulsa.

Dan yang paling banyak diperbincangkan di masyarakat adalah proyek pembangunan jalan beton yang masif di desa-desa, serta proyek jalan frontage yang sudah lama ditunggu kehadirannya oleh masyarakat. Selain itu, konsolidasi untuk percepatan pembangunan sejumlah proyek nasional yang telah diselesaikan dalam 2 tahun ini. Sehingga, tiga titik proyek nasional yang dibangun di Sidoarjo, yakni Flyover Aloha, Flyover JPL 64 Krian, dan Flyover JPL 79 Tarik yang merupakan proyek strategis untuk mengurai kemacetan, dapat segera dimulai pembangunannya.

Sentuhan tangan dingin Gus Muhdlor dalam perkembangan UMKM, manfaatnya dirasakan oleh puluhan ribu pemilik usaha kecil. Melalui program Kurda Sayang, program kredit modal usaha dengan bunga sangat rendah hanya 3 persen per tahun mampu menyelamatkan ribuan UMKM dari ancaman krisis pandemi Covid-19.

Jumlah kredit yang disalurkan pada periode 2021 – 2022 lebih dari Rp. 27 miliar. Program tersebut berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sidoarjo. Pada 2021, pertumbuhan ekonomi Sidoarjo diperkirakan mencapai 4,21 persen, meningkat signifikan dibanding pertumbuhan ekonomi 2020 sebesar 3,69 persen.

Aksi dinginnya tidak berhenti pada pembangunan fisik semata, sepanjang tahun 2022 program kerja Gus Muhdlor lainnya yang menarik perhatian publik adalah bedah warung, bedah rumah dan program bantuan hibah modal usaha bagi kelompok ibu-ibu. Lebih dari 2 ribu kelompok usaha perempuan berbasis RT telah mendapatkan bantuan modal usaha. Sebuah kelompok bisnis memiliki minimal 5 wanita dan maksimal 10 orang.

Di bidang pendidikan, bupati muda ini cukup maju. Dalam dua tahun ini, 2 unit SMP Negeri baru telah selesai dibangun. Bahkan satu sekolah baru saja diresmikan. Sekolah tersebut adalah SMPN 2 Tulangan. Dan pada tahun 2023, pembangunan sekolah baru SMPN 2 Prambon akan dimulai. Dengan dibangunnya 2 unit SMP, maka setiap kecamatan dari total 18 kecamatan yang ada minimal memiliki 2 unit SMP.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pemangku kepentingan. Terutama dari pihak pers yang selama dua tahun terakhir telah mengontrol program kerja dan kinerja Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam mencapai target yang telah ditetapkan dalam RPJMD.

“Kesuksesan tidak akan diraih dengan kerja 1-2 orang saja, ini semua hasil kerja bersama. Kerja sama tim dan dukungan dari stakeholder sangat penting dalam kelancaran pembangunan. Kolaborasi tetap menjadi ujung tombak dalam membangun Sidoarjo kedepannya ," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024