SUARA INDONESIA

Bupati Situbondo Lantik 70 Pejabat Struktural dan 3 Kepala Puskesmas 

Syamsuri - 03 February 2023 | 13:02 - Dibaca 1.86k kali
Pemerintahan Bupati Situbondo Lantik 70 Pejabat Struktural dan 3 Kepala Puskesmas 
Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi saat melantik 73 Pejabat eselon III dan IV di Pendapa Arya Situbondo. (Syamsuri/suaraindonesia.co.id). 

SITUBONDO - Bupati Situbondo H. Karna Suswandi, melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan 73 Pejabat Administrator, pengawas dan Penugasan Pegawai Fungsional Kesehatan sebagai Kepala UPT Puskesmas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo. 

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan tersebut digelar di Pendapa Arya Situbondo, Jumat (5/3/2022).

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala BKDSDM, Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab dan seluruh Pimpinan OPD dan Camat serta Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo. 

Dalam arahannya, Bupati Situbondo yang akrab disapa Bung Karna mengharapkan, pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya agar menjalankan amanat dengan ikhlas, penuh rasa tanggung jawab dan bersungguh-sungguh untuk menunjang Visi dan Misi Kabupaten Situbondo. 

“Jalankan Amanat ini dengan Ikhlas dan penuh rasa Tanggung jawab yang tinggi serta saling menghargai dan menghormati,” ujarnya.

Disampaikan Bupati Karna, jabatan yang diembankan kepada Pejabat agar disyukuri dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, saling bekerjasama serta saling mendukung dan membantu pimpinan satkernya masing-masing.

“Selamat kepada seluruh para Pejabat yang baru dilantik, baik pejabat administrator maupun fungsional. Saya percaya pejabat yang dilantik hari ini adalah pejabat yang mampu mengemban tugas dan amanah sebagai Birokrat yang baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” ujarnya. 

Kepada pejabat yang telah dilantik, Karna meminta agar segera melakukan penyesuaian terhadap lingkungan kerja. "Saya yakin, dengan segera menyesuaikan diri, saudara akan mampu terus berkinerja dengan sebaik-baiknya baiknya," ujarnya.

"Mutasi yang kita lakukan hari ini adalah untuk membangun soliditas organisasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Situbondo. Karena kita membangun solidaritas adalah agar bagaimana supaya tujuan kita bersama yaitu terwujudnya masyarakat Situbondo yang berakhlak , sejahtera, adil dan berjaya ini bisa dicapai dengan sebaik baiknya sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan," harapnya.

Selain itu, Karna meminta kepada pejabat dilantik agar menguasai tugas pokok dan fungsinya di lingkungan kerjanya masing-masing, kedepankan bekerjasama, baik itu dengan Pimpinannya maupun dengan kerjanya. 

"Soliditas organisasi tidak mungkin bisa dicapai tanpa ada kebersamaan, kekompakan, diantara kita. ini akan hanya bisa dijalin manakala ada loyalitas terhadap pimpinannya masing masing," tegasnya.

"Bangunlah kebersamaan dan kekompakan ini dengan terus menjaga loyalitas terhadap pemimpinnya yang ada di lingkungannya masing masing," tambahnya. 

Saya yakin dengan adanya kebersamaan dan kekompakan yang kuat dan soliditas yang ada, loyalitas akan muncul dengan sendirinya. Oleh karena itu, saya berharap semua jajaran bisa melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. 

"Mutasi ini dilakukan adalah untuk mencapai tujuan, agar bisa berkinerja lebih baik supaya seluruh target organisasi  itu bisa dicapai dengan baik," terangnya. 

Ingat, setiap organisasi memiliki target kinerjanya masing masing, yang nantinya ada penandatangan nota kesepakatan antara pimpinannya masing-masing dengan Bupati. 

Selanjutnya dilanjutkan penandatanganan antara Kabid dengan Kepala OPD nya masing-masing, antara Kasi dengan Kabidnya dan para Staf dengan Kasi setiap dinas.

"Sehingga dengan perjanjian yang dilakukan oleh para Pejabat dan Staf ini upaya untuk mencapai target kepemimpinannya, ini akan menjadi ukuran dalam penilaian kinerja yang dilakukan oleh Tim Penilai Kinerja yang dulu disebut Baperjakat," imbuhnya. 

"Ini dilakukan dalam upaya untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan, apabila target kinerjanya tidak bisa dicapai jangan marah dan salahkan kalau misalnya dilakukan evaluasi oleh Tim Penilai kinerja, " kata Bupati, menambahkan. 

Karena bagaimanapun juga setiap personal, setiap orang memiliki target kinerja masing masing  yang bermuara kepada upaya pencapaian dan target pada OPD nya masing masing.

"Kita punya RPJMD, ini dijabarkan dengan berbagai rencana kegiatan yang ada di masing masing OPD, yang nantinya akan berpengaruh terhadap capaian secara personal dilingkungan OPD nya masing masing," ucapnya.

Oleh karena itu, Karna minta kepada setiap pejabat yang baru dilantik untuk bisa berkinerja dengan baik dan bersungguh sungguh didalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. 

Karena bagaimanapun juga tuntutan minsetasi masyarakat semakin lama akan semakin bertambah sedangkan kemampuan APBD kita semakin lama semakin berkurang, karena penerimaan DAU kita terus mengalami penurunan. 

"Namun kita berusaha  bagaimana agar eksistensi Pemkab Situbondo itu tetap diterima oleh masyarakat. Tentu untuk bisa diterima oleh masyarakat maka  upaya yang kita lakukan adalah bagaimana kemandirian fiskal dengan meningkatkan PAD di Pemkab Situbondo terus ditingkatkan,"

"Alhamdulillah dari tahun ke tahun PAD kita terus meningkat dan sudah bisa meninggalkan Kabupaten tetangga yang dulunya PAD nya melebihi PAD kita," terangnya. 

"Kemandirian fiskal akan terus kita lakukan didalam rangka untuk bisa memajukan Kabupaten Situbondo. Karena tidak mungkin pembangunan akan bisa terus dilakukan manakala kemampuan fiskal kita semakin lama semakin menurun," ujar Bupati.

Bupati berharap kepada seluruh Jajaran yang ada untuk bisa melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik baiknya dan juga kepada seluruh Pimpinan OPD berharap agar berbagai anggaran tidak hanya dilakukan untuk kegiatan kegiatan yang operasional sifatnya. 

Sebab, ia melihat dan masih menemukan disalah satu OPD yang nilai operasionalnya masih sangat tinggi, Bahkan perjalanan dinasnya anggarannya sampai lebih dari 1 miliar.

"Oleh sebab itu, saya berharap ke depan, kita itu ingin bagaimana berbagai program yang ada ini bisa dirasakan oleh masyarakat. Sehingga ke depan apa yang kita lakukan selalu diorientasikan kepada masyarakat," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024