SUARA INDONESIA

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kota Probolinggo, Tampilkan Teatrikal Kisah Marlena

Lutfi Hidayat - 28 October 2022 | 12:10 - Dibaca 2.21k kali
Pendidikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kota Probolinggo, Tampilkan Teatrikal Kisah Marlena
Aksi teatrikal kisah Marlena, wanita pejuang kemerdekaan yang cantik, tangguh dan berani dari Probolinggo. Ditampilkan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Pemkot Probolinggo. (Diskominfo)

PROBOLINGGO - Upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, Jumat pagi (28/10/2022).

Kegiatan itu berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo yang diikuti jajaran Forkopimda, ASN dan Non ASN, kelompok pemuda, Pramuka, pelajar dan mahasiswa.

Membuka acara HSP ke-94 undangan dan peserta disuguhkan aksi teatrikal kisah Marlena, seorang wanita gagah berani dan tangguh dari Probolinggo.

Paras cantik dan keberaniannya menjadi sejanta dalam melawan penjajah di masa lalu. Kisah teatrikal Marlena oleh para pemuda-pemudi Kota Probolinggo menginspirasi kegigihan pemuda-pemudi di masa lalu.

Marlena bertugas merampas senjata penjajah untuk melumpuhkan musuh dan mensuplai senjata bagi para pejuang kemerdekaan.

Meski sempat tertangkap musuh, namun kekompakan para pemuda-pemudi pejuang kemerdekaan di masa lalu berhasil membebaskan Marlena.

Penampilan teatrikal kisah Marlena itu pun membuat riuh undangan dan peserta upacara pertanda semangat juang pemuda-pemudi masih terus berkobar.

Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 ini mengusung tema "Bersatu Bangun Bangsa".

Hal itu bermakna renungan dan pelajaran berharga dari kegigihan pemuda-pemudi masa penjajahan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Inspirasi dan teladan dari pemuda-pemudi pejuang kemerdekaan tersebut menjadi penguat gerak langkah dalam mengisi pembangunan bangsa saat ini.

"Sejarah memberikan pelajaran kepada kita seluruh rakyat Indonesia bagaimana menyikapi perbedaan suku, agama, serta ras yang ada di negeri tercinta ini terbukti mampu menjadikan kita sebagai kekuatan besar," ungkap Sekda Kota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati dalam pidatonya sebagai inspektur upacara.

Momentum HSP ke-94 ini juga dilakukan penyerahan seetifikat Pakibraka 2 pelajar Kota Probolinggo.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pelepasan kontingen Kota Probolinggo untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-VIII tanggal 7-12 November 2022 dan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (PEPAPERDA) ke-1 tanggal 14-16 November 2022 di Kabupaten Sidoarjo.


Kota Probolinggo mengirimkan 94 kontingen meliputi 73 atlet dan 19 pendamping untuk POPDA ke-VIII, sedangkan pada PEPAREDA diutus 1 atlet dan 1 pendamping.

"Saya harap semua atlet dan official berjuang semaksimal mungkin dan menjaga nama baik Kota Pronolinggo," pinta Sekda Kota Probolinggo.

Pada POPDA dan PEPAREDA ini sebanyak 13 cabang olahraga (cabor) akan dikuti para atlet Kota Probolinggo.

Yakni cabor atletik, panahan, panjat tebing, karate, renang, wushu, tenis, balap sepeda, taekwondo, selam catur pentaque dan bridge.

Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar), Fadjar Purnomo menyebut banyak peluang meraih hasil dan prestasi dari POPDA tersebut.

"Dari 13 cabang olahraga ini, kita bisa meraih hasil lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, POPDA ini tidak semua daerah ikut karena tidak menganggarkan event POPDA di tahun-tahun sebelumnya karena pandemi," terangnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV