SUARA INDONESIA

Kadisdikbud Jombang Tetapkan Juknis PPDB SD Dibuka Tiga Jalur dan Kuota Zonasi Paling Banyak.

Gono Dwi Santoso - 13 April 2023 | 16:04 - Dibaca 1.26k kali
Pendidikan Kadisdikbud Jombang Tetapkan Juknis PPDB SD Dibuka Tiga Jalur dan Kuota Zonasi Paling Banyak.
Senen Kadisdikbud Jombang saat di ditemui di ruang kerjanya jelaskan terkait juknis PPDB SD, Kamis (13/04/2023)

JOMBANG - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Senen telah menetapkan tanggal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di tahun ajaran 2023/2024.

Mulai dari tanggal 2 Mei sampai dengan tanggal 15 Juni mendatang. Tak hanya itu saja, Dinas juga menerangkan petunjuk teknis (juknis) PPDB ini ada tiga jalur.

"Tiga jalur Juknis PPDB tersebut adalah, ada zonasi, afirmasi, beserta perpindahan tugas orang tua," ungkap Senen, Kamis (13/4/2023) pagi.

Kadisdikbud Jombang menerangkan, dari ketiga jalur itu, hanya di jalur zonasi yang memiliki kuota paling banyak, diantaranya adalah 70 persen dari daya tampung sekolah. 

Sedangkan, dalam pelaksanaan PPDB tingkat SD di jalur zonasi juga tetap sama seperti tahun sebelumnya, diukur berdasarkan jarak dari rumah siswa ke sekolah.

"Tentunya, jalur zonasi memiliki kuota paling banyak. Diantaranya, diukur dari jarak rumah ke sekolah melalui google maps," terangnya.

Lebih lanjut, Senen juga menyampaikan, untuk jalur afirmasi ini juga mengunakan kuota sebanyak 25 persen, dari daya tampung sekolah. Antara lain juga diperuntukkan bagi siswa dari keluarga kurang mampu, serta penyandang disabilitas pada sekolah yang menyediakan layanan inklusif.

"Kemudian terakhir adalah jalur perpindahan tugas orang tua. Kuota untuk jalur ini, hanya tersedia sebanyak 5 persen," pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, Jelang PPDB untuk jenjang tingkat SD Tahun Pelajaran 2023/2024, Disdikbud Kabupaten Jombang telah melakukan sosialisasi sejak hari Kamis (6/4/2023) kemarin. Dan berdasarkan Juknis, pendaftaran periode pendataan di aplikasi PPDB dilakukan pada 2 Mei hingga 15 Juni 2023.

Kemudian selanjutnya, untuk simulasi aplikasi PPDB seleksi pada tanggal 16 sampai 22 Juni. Sedangkan untuk Pendaftaran periode seleksi pada tanggal 23 hingga 28 Juni, dan terakhir pengumuman hasil PPDB baru bisa diketahui pada 29 Juni 2023.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV