SUARA INDONESIA

Bakesbangpol Banyuwangi Sampaikan Enam Elemen dalam Mensukseskan Pilkada Tahun Ini

Gito Wahyudi - 14 September 2020 | 09:09 - Dibaca 1.15k kali
Peristiwa Daerah Bakesbangpol Banyuwangi Sampaikan Enam Elemen dalam Mensukseskan Pilkada Tahun Ini
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi saat memberikan sambutan di acara KPU dalam rangka rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP dan penetapan DPS di Aston Banyuwangi, Senin (14/9/2020).

BANYUWANGI- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi menyampaikan enam elemen yang harus bekerjasama dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini.

Menurutnya elemen pertama terletak pada penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beserta jajaran yang ada di bawah hingga petugas yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Elemen kedua, kata Azis, pemerintah yang memiliki tugas menyiapkan anggaran, menyiapkan data pemilih lanjutan dari data yang disediakan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu). Kemudian diberikan oleh pemerintah untuk divalidasi.

"Sekarang ini masih terproses yang nantinya akan menjadi daftar pemilih tetap (DPT)," ujar Aziz melalui sambutannya saat menghadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP dan penetapan DPS di Aston Banyuwangi, Senin (14/9/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, agar berjalan lancar situasi dan kondisi di Banyuwangi ini harus aman. Sehingga elemen ketiga pihak keamanan baik dari TNI dan Polri juga berperan disitu.

Keempat adalah peran daripada partai politik selain menyiapkan para calon dari kader masing-masing juga memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Agar bisa menunaikan kewajibannya untuk memilih dari calon yang ada.

Kelima dari peran media massa agar bisa memberikan pencerahan dan memberikan berita-berita yang nuansanya tidak memecah belah, akan tetapi berita yang disampaikan adalah informasi yang menyejukkan suasana di Banyuwangi.

"Terakhir adalah masyarakat dalam hal ini tokoh masyarakat, harapannya bisa bekerjasama dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah," imbuhnya.

Dia berpesan kepada KPU sebagai penyelenggara agar bisa melaksanakan tugasnya secara profesional dan mengedepankan netralitas.(*)

Pewarta : M. Nurul Yaqin

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gito Wahyudi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV