SUARA INDONESIA

Warga Antusias Saksikan Prosesi Adat Cuci Kaki Joel Said Jelang Masa Kampanye

Imam Hairon - 01 October 2020 | 15:10 - Dibaca 2.26k kali
Peristiwa Daerah Warga Antusias Saksikan Prosesi Adat Cuci Kaki Joel Said Jelang Masa Kampanye
Ratusan warga saat menyaksikan Hein Namotemo (Jiko Makolano) mengantar Paslon No Urut 2 Proses Cuci Kaki

Tobelo - Ratusan warga Desa Mamuaya Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara Antusias menyaksikan prosesi adat cuci kaki oleh Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, nomor urut dua (2) Joel Wogono dan Said Badjak, Kamis (01/10/2020). 

Kedatangan Paslon Nomor urut 2 itu, guna mengikrarkan janji suci yang diyakini sebagai alat penyucian diri dikala memasuki masa tahapan kampanye pilkada 2020 di wilayah itu. 

Bernat salah satu tokoh masyarakat mengaku, kegiatan seperti ini jarang sekali dilakukan di sepanjang masa pemerintahan yang ada saat ini. 

Diapun berharap guna mempertahankan adat istiadat di wilayah itu, kegiatan semacam ini terus dilakukan untuk memupuk rasa peduli tentang  adat yang sudah menyatu dengan masyarakat di wilayah itu.

"saya merasa bangga karena kegiatan adat seperti ini sudah jarang sekali di lakukan," cetus Bernat hingga meneteskan air mata haru  

Prosesi adat cuci kaki dilakukan di salah satu situs sejarah di Daerah itu, yaitu tempat dimana para leluhur mengikrarkan janji damai saat memperebutkan batas wilayah Gelela dan Tobelo dengan cara menancapkan kakinya di sebuah batu yang disebut Tonamalangi. 

Kedatangan Paslon Nomor urut dua itu, disambut meriah oleh masyarakat setempat dengan dengan teriakan Hotu! ye! serta tarian cakalele.

Usai prosesi asat cuci kaki, Paslon Nomor Urut dua Joel Wogono Said Bajak (JOS) yang di dampingi tokoh adat Halmahera Utara Ir Hein Namotemo (Jikomakolano) langsung menuju rumah adat Halamahera Utara (Hibualamo). (SL) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV