SUARA INDONESIA

MCCC Purworejo Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Agus Sulistya - 11 March 2021 | 16:03 - Dibaca 1.35k kali
Peristiwa Daerah MCCC Purworejo Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19
Ket foto: pelatihan pemakaman jenazah covid - 19 oleh MCCC Purworejo

PURWOREJO - Pelatihan pemulasaran dan penguburan jenazah Covid-19 digelar oleh Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) di Komplek Masjid Darussalam Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (11/03/2021).

Kurbyanto selaku Ketua Panitia Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid - 19 menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian Muhammadiyah dalam menerapkan langkah-langkah tatalaksana secara spesifik untuk mencegah terjadinya penyebaran kepada tenaga medis maupun tenaga pemulasaran jenazah, serta keluarga dan masyarakat secara umum. 

“Muhammadiyah Purworejo telah membentuk MCCC dan mengambil langkah mempertimbangkan bahwa jenazah penderita covid adalah jenazah yang terinfeksi penyakit menular harus ditangani secara khusus, maka perlu diselenggarakan pelatihan pemulasaran jenazah penderita covid yang memenuhi ketentuan keamanan bagi petugas secara medis dan ketentuan Syara’ untuk memenuhi hak-hak jenazah," katanya.

Kurbiyanto menambahkab, dengan target pasca pelatihan tersebut yakni terbentuk tim pemulasaran dan penguburan jenazah covid 19 yang siap membantu penanganan di kabupaten Purworejo.

"Pelatihan itu diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari unsur Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Purworejo, Karyawan RSU `Aisyiyah Purworejo, Karyawan PKU Muhammadiyah Kutoarjo dan lainnya. Dalam pelatihan ini bekerja sama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Kebumen sebagai pemateri," imbuhnya.

Sementara itu, Pujiono selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purworejo menyampaikan, harapan kepada semua peserta bisa mendapatkan keterampilan dan pengetahuan tentang penanganan jenazah dari pemulasaran hingga penguburan. 

“Peserta AMM Purworejo beserta unsur medis yang hadir semoga mendapat keterampilan dalam pelatihan kali ini dan dapat menerapkannya. Tetapi kita tidak mengharapkan adanya kejadian meninggal dengan covid 19, paling tidak ilmu dan keterampilannya dapat dijadikan bekal selanjutnya,” tutup Pujiono. (Widarto)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV