SUARA INDONESIA

Jalan Gunung Sawur-Kajar Kuning Lumajang Rusak Berlubang, Truk Muatan Berat Seliweran, Ini Kata Cak Thoriq

Redaksi - 20 August 2022 | 22:08 - Dibaca 1.88k kali
Peristiwa Daerah Jalan Gunung Sawur-Kajar Kuning Lumajang Rusak Berlubang, Truk Muatan Berat Seliweran, Ini Kata Cak Thoriq
Potret jalan di Gunung Sawur-Kajar Kuning, Lumajang yang mengalami kerusakan dan penuh lubang./Suara Indonesia/Miftahul Huda

Lumajang, SUARA INDONESIA - Akses jalanan di Gunung Sawur hingga Dusun Kajar Kuning, Lumajang mengalami kerusakan yang cukup parah dan banyak lubang.

Jalanan di Gunung Sawur hingga Kajar Kuning ini merupakan rute penghubung darurat antara Kabupaten Lumajang dan Malang.

Pasalnya, jembatan Gladak Perak (Piket Nol) yang menjadi akses utama menuju Malang, sampai saat ini masih dalam proses perbaikan seusai ambruk akibat lahar erupsi Semeru beberapa waktu lalu.

Terlebih, hanya bisa dilewati pengendara roda dua saja. Akibatnya, truk bermuatan berat dan kendaraan roda empat harus melewati rute alternatif untuk menuju ke Malang.

Jalur alternatif tersebut adalah jalanan di Gunung Sawur hingga Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Dari pantauan SuaraIndonesia.co.id, jalanan dari Gunung Sawur hingga Dusun Kajar Kuning, Lumajang, dalam kondisi rusak parah dan banyak lubang.

Terlebih jika musim hujan datang, rute ini cukup berbahaya di lewati oleh pengendara roda dua.

Selain itu, mobil truk bermuatan berat juga terlihat padat melewati jalanan Gunung Sawur dan Kajar Kuning.

Menanggapi hal itu, Bupati Lumajang, Cak Thoriq mengatakan akan segera memperbaiki jalanan Gunung Sawur-Kajar Kuning.

Kendati demikian pihaknya kini masih berfokus menyelesaikan perbaikan jembatan Gladak Perak yang ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2022.


"Ini kan masih dipakai jalan darurat ya, tentu nanti setelah kita recovery semua, jembatan Gladak Perak sudah selesai baru kita merencanakan perbaikan jalan bekas kerusakan erupsi," kata Bupati Lumajang, Cak Thoriq saat dikonfirmasi.

Selain itu, Cak Thoriq juga mengatakan akan memperbaiki jalan yang menuju ke Huntara di Desa Sumbermujur.

Setelah proses pembangunan Huntara 100 persen selesai, mengingat saat ini juga masih dilewati kendaraan berat yang mebawa material bangunan.

"Termasuk yang ke arah Hunian Sementara (Huntara) yang ada di Sumbermujur, kan sekarang rusak, karena sekarang masih digunakan untuk pemenuhan material untuk pembangunan Hunian tetap dan sementara, serta infrastruktur yang lain," pungkas Cak Thoriq.***

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV