SUARA INDONESIA

Awal Tahun 2023, Harga Cabai Rawit Merah di Sejumlah Pasar di Cilacap Masih Tinggi

Satria Galih Saputra - 09 January 2023 | 17:01 - Dibaca 1.11k kali
Peristiwa Daerah Awal Tahun 2023, Harga Cabai Rawit Merah di Sejumlah Pasar di Cilacap Masih Tinggi
Salah Seorang Pedagang di Pasar Tanjungsari, Cilacap, Sipon

CILACAP - Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sejumlah harga bahan pokok seperti cabai, bawang merah, tomat, telor dan sayur mayur di sejumlah pasar tradisional di Cilacap, Jawa Tengah mengalami kenaikan harga. 

Namun, di awal tahun 2023, harga bahan pokok tersebut berangsur-angsur mulai turun, hanya saja harga cabai rawit merah yang terpantau masih tinggi. 

Berdasarkan pantauan, harga cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kota Cilacap saat ini dikisaran Rp 50 ribu lebih per kilogramnya. Seperti yang terjadi di pasar Tanjungsari, Cilacap. 

Menurut keterangan Sipon, salah seorang pedagang Pasar Tanjungsari, Cilacap, harga cabai rawit merah semula sangat tinggi tembus hingga Rp 80 ribu per kilogramnya. 

"Waktu mau tahun baru kemarin harga cabai rawit merah sampai Rp 80 ribu lebih per kilogramnya terus turun, sekarang harganya Rp 50 ribu lebih per kilogramnya. Saya jualnya Rp 55 ribu," ungkapnya kepada suaraindonesia.co.id, Senin (9/1/2023). 

Sipon menyebut, setiap tahunnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, sejumlah harga bahan pokok selalu mengalami kenaikan. Dan saat ini harga bahan pokok yang dirasa masih tinggi yaitu cabai rawit merah. 

"Sudah biasa kalau mau tahun baru pasti ada kenaikan. Tapi sekarang harganya sudah pada turun, cuma cabai rawit merah yang dirasa masih tinggi sama pembeli," ucapnya. 

Ia berharap harga cabai rawit merah dapat segera turun seperti harga cabai jenis lainnya. 

"Mudah-mudahan besok harganya bisa turun lagi kaya cabai yang lain, jadi pembeli nggak susah. Kalau masih tinggi aja kan jadi bingung kalau mau masak," ujar Sipon. 

Lebih lanjut, harga cabai rawit merah juga terpantau sama, namun di lain tempat yaitu di pasar Sidodadi, Cilacap yakni Rp 55 ribu per kilogramnya.

Ita, salah seorang pedagang di pasar sidodadi Cilacap mengaku, bahwa harga cabai rawit merah saat ini Rp 50 ribu lebih per kilogramnya.

"Cabai rawit merah per kilogramnya saya jual Rp 55 ribu. Soalnya harga dari distributor aja Rp 50 lebih. Mungkin sama lah dengan pedagang yang lain. Kalau pembeli ya minta harganya supaya turun," katanya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV