SUARA INDONESIA

Misteri Kapal Misterius Terdampar di Perairan Alas Purwo Banyuwangi Terungkap

Muhammad Nurul Yaqin - 03 February 2023 | 14:02 - Dibaca 2.20k kali
Peristiwa Daerah Misteri Kapal Misterius Terdampar di Perairan Alas Purwo Banyuwangi Terungkap
Kapal motor yang ditemukan terdampar di perairan Alas Purwo, Banyuwangi ternyata milik nelayan asal Cilacap, Jawa Tengah. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Misteri kapal misterius tanpa awak kapal terdampar di perairan Alas Purwo, Banyuwangi, mulai ada titik terang. Fakta kapal tersebut terdampar telah berhasil diungkap polisi.

Kapolsek Tegaldlimo Iptu Lita Kurniawan mengatakan, pihaknya telah mendapat informasi detail soal kapal tersebut. Ternyata kapal tersebut milik warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kapal Motor Gunung Baru 1 yang ditemukan terdampar itu merupakan kapal penangkap ikan. Kapal tersebut sempat terombang ambing berminggu-minggu di laut lepas lantaran ditinggal oleh para awak kapal.

Kapal itu berangkat berlayar dari Cilacap sekitar dua bulan lalu untuk mencari ikan. Kapal berangkat dengan sebuah kapal lain dari titik yang sama. Serta mengarungi perairan yang sama.

Di perjalanan, terjadi badai yang menyebabkan ombak besar. Anak buah kapal di KM Gunung Baru 1 memutuskan untuk meninggalkan kendaraannya dan berpindah ke satu kapal lain.

Beberapa bulan setelah insiden itu, kemudian kapal tersebut ditemukan terdampar di Banyuwangi, kapal tersebut mengalami kerusakan di bagian lambung. Besar kemungkinan, kapal ini ditinggal anak buah kapal karena kerusakan itu.

"Kapal Gunung Baru 1 ini sebenarnya tidak ditinggal. Tapi di tali ke kepala satunya. Namun karena ada ombak dan arus besar, tali kapal itu akhirnya dilepas," kata Lita, Jumat (3/2/2023).

KM Gunung Baru 1 berkelir merah itu akhirnya terombang-ambing di lautan hingga akhirnya terdampar di Alas Purwo.

Menurut informasi yang Lita dapat dari aparat di Cilacap, seluruh anak buah kapal itu selamat dari badai yang menerjang saat itu. Untuk saat ini, Polsek Tegaldlimo masih berkoordinasi dengan aparat dan pemilik kapal di Cilacap.

"Nanti kapal akan kami serahkan apabila pemilik datang dan bisa menunjukkan dokumen-dokumen kepemilikan yang sah," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, awalnya kapal motor misterius tidak bertuan tersebut ditemukan tepat di Pantai Parang Ireng, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Rabu (1/2/2023) kemarin. Masih kawasan TN Alas Purwo.

Saat ditemukan, kapal sudah berada di pinggir pantai. Posisi kapal menepi sehingga bagian dasar kapal telah menyentuh dataran. Kapal yang ditemukan berwarna merah. Nomor lambungnya GT15No795/IaZ005Ga6034/N dengan panjang kapal 15 meter, dan lebarnya 7 meter.

Selain itu, mesin masih utuh berada di kapal. Sementara lambung kapal rusak dan telah dimasuki air. Dari penampakannya, kapal itu telah berusia cukup tua. Sudah terdapat karang pada dinding luar dan dalam kapal.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV