SUARA INDONESIA

Bentuk Apresiasi Bupati, Petugas Kebersihan di Situbondo Akan Diusulkan Jadi ASN PPPK

Syamsuri - 06 March 2023 | 15:03 - Dibaca 1.03k kali
Peristiwa Daerah Bentuk Apresiasi Bupati, Petugas Kebersihan di Situbondo Akan Diusulkan Jadi ASN PPPK
Bupati Situbondo, H. Karna Saat Memberikan Reward Kepada Sejumlah Petugas Kebersihan (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi yang akrab disapa Bung Karna rupanya memperhatikan dan mengapresiasi kinerja para petugas Kebersihan yang bertugas di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo. 

Sebagai bentuk apresiasi, orang nomor satu di Situbondo tersebut berencana mengusulkan para petugas kebersihan itu menjadi ASN PPPK di Lingkungan Pemkab Situbondo. 

Bupati dalam kesempatannya memberikan reward berupa bingkisan kepada 570 tenaga honorer dan petugas Kebersihan DLH di Pendopo Aryo Situbondo, Senin (6/3/2023). 

"Saya sangat mengapresiasi sekali kepada petugas kebersihan dan pemelihara taman DLH atas keberhasilan Kabupaten Situbondo meraih piala adipura tahun 2022," ujar Bupati.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada petugas kebersihan atas kinerjanya yang luar biasa selama ini sehingga sehingga Kabupaten Situbondo dapat meraih penghargaan Adipura tahun 2022.

Menurutnya, keberhasilan tersebut dapat diraih tentu atas adanya semangat dan kerja yang luar biasa yang ditunjukkan oleh seluruh petugas kebersihan yang ada di Kabupaten Situbondo untuk bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa petugas itu bisa. 

Dalam kesempatan itu, bung Karna meminta kepada Kepala BKPSDM agar dibuatkan surat usulan ke KEMENPAN RB supaya seluruh petugas kebersihan yang ada di DLH ini juga dimasukkan dalam usulan PPPK. 

"Karena mereka itu adalah juga pegawai yang memiliki kontribusi untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Situbondo," terangnya. 

Ketika mendengar usulan Bupati tersebut, seluruh petugas langsung bergembira dan bersorak-sorak bahagia mendengarnya, karena merasa baru kali ini ada Bupati setelah dijabat Bung Karna mau mengusulkan nasib mereka untuk menjadi seorang ASN. 

"Ini dilakukan supaya tidak ada perbedaan antara pegawai dinas yang satu dengan dinas yang lain, semuanya memiliki kontribusi yang sama dalam bidangnya masing masing," ujar Bupati.

Ia berharap ketika petugas kebersihan ini diusulkan jadi ASN PPPK, semangat bekerja tetap ditunjukan dengan baik meskipun tidak meraih Adipura di tahun 2023.

"Makanya nanti harus lebih semangat. Dan saya selaku Bupati mempunyai tanggung jawab untuk bisa mensejahterakan seluruh aparatur yang ada, termasuk tenaga honorer di DLH," katanya. 

Disela-sela acara, Bung Karna juga berjanji akan memberikan uang lembur kepada para petugas kebersihan. 

"Karena waktu itu ada pandemi Covid-19, sehingga kena refokusing anggaran. Sehingga untuk lembur petugas kebersihan dan tenaga lapangan dikopras anggarannya," ungkapnya. 

Bung Karna memastikan tahun 2023 pada anggaran PAPBD ini, uang lembur untuk 570 petugas kebersihan diusahakan sudah bisa masuk dianggaran, termasuk honor untuk petugas kebersihan juga akan pikirkan. 

"APBD tahun 2023 ini sudah selesai dan sudah ditetapkan. Maka tahun 2024 sesuai pengajuan Kepala Dinas DLH ke BKAD, honor mereka juga akan kita perhatikan dan kita tambah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala DLH Situbondo, Akhmad Yulianto, menjelaskan bahwa fokus penilaian Adipura Tahun 2022 lalu adalah pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Alhamdulilah DLH Situbondo telah memiliki tiga TPA, diantaranya TPA di Sliwung untuk wilayah tengah, di TPA Asembagus untuk wilayah timur dan TPA di Banyuglugur untuk wilayah barat," ujar Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Situbondo ini. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV