SUARA INDONESIA

Puncak HPN 2023, Wali Kota Probolinggo Apresiasi Komitmen Bersama Pemerintah dan Pers

Lutfi Hidayat - 09 March 2023 | 20:03 - Dibaca 1.21k kali
Peristiwa Daerah Puncak HPN 2023, Wali Kota Probolinggo Apresiasi Komitmen Bersama Pemerintah dan Pers
Penandatanganan komitmen bersama pengawasan Pemilu PWI Probolinggo Raya bersama Bawaslu Kota dan Kabupaten Probolinggo pada puncak kegiatan HPN ke-77 tahun 2023 di lokasi Wisata Pantai Permata Pilang, Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) ke-77 tahun 2023 digelar Pemkot Probolinggo bersama 4 organisasi profesi wartawan.

Kegiatan itu dilaksanakan di Pantai Permata, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Kamis (09/03/2023).

Keempat organisasi wartawan itu, yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya, Jurnalis Probolinggo (Jispro), Aliansi Wartawan Probolinggo Raya (AWPR) dan Forum Wartawan Mingguan Probolinggo (F Wamipro).

Perayaan HPN ke-77 tahun 2023 itu diawali dengan santunan 20 anak yatim/piatu oleh Wali Kota Probolinggo dan Forkopimda atas kerja sama PWI Probolinggo Raya dan Baznas Kota/Kabupaten Probolinggo.


Pada kesempatan tersebut Pemkot dan Pemkab Probolinggo, Forkopimda serta Ketua dari 4 organisasi profesi wartawan menandatangani komitmen bersama dalam mewujudkan pers merdeka, demokrasi bermartabat.

Selain itu, PWI Probolinggo Raya bersama BPJS Ketenagakerjaan juga menandatangani kerja sama pengadaan rumah melalui Program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) dan MoU komitmen pengawasan Pemilu bersama Bawaslu Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada insan pers atas perannya bagi negara, khususnya Kota dan Kabupaten Probolinggo.


Habib Hadi berpesan agar para jurnalis tetap berpegang teguh pada kode etik jurnalis dan undang-undang Pers dalam menjalankan tugasnya, sebab berita yang disajikan akan sangat berpengaruh pada kondisi masyarakat.

"Selalu saya sampaikan agar teman-teman wartawan menjadi filter informasi berbau SARA dan Hoaks. Karena jika ini tidak dilakukan akan mencederai marwah Pers itu sendiri," ungkap Wali Kota Probolinggo dalam sambutannya.

Wali Kota Probolinggo mengutip pesan Presiden Joko Widodo tentang kontribusi besar media dalam menyuarakan perjuangan kemerdekaan dan inovasi pembangunan serta menjadi penopang demokratisasi.

“Saya sangat mengapresiasi penandatanganan komitmen sebagai suatu upaya dan usaha bersama antara Pemerintah Kota dan Kabupaten Probolinggo, ketua organisasi dan Forkopimda. Saya harap ini menjadi sebuah aksi nyata yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, jangan hanya sekadar tanda tangan tapi maknai apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab,” pintanya.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba cerpen tingkat SMP dan SMA sederajat, pemenang lomba Futsal PWI Cup tingkat SMP sederajat yang digelar PWI Probolinggo Raya serta pemenang lomba video kreatif bagi Wartawan Probolinggo yang digelar Diskominfo Kota Probolinggo.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV