SUARA INDONESIA

Gubernur Jatim Tinjau Kesiapan Jalur Mudik Tol Paspro Gending Probolinggo

Redaksi - 10 April 2023 | 21:04 - Dibaca 1.22k kali
Peristiwa Daerah Gubernur Jatim Tinjau Kesiapan Jalur Mudik Tol Paspro Gending Probolinggo
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Direktur Teknia PT. Trans Jawa Tol Paspro Heri Supriadi dan Plt. Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko saat meninjau persiapan jalur mudik Exit Tol Gending. (Foto: Humas Prov. Jatim)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Kesiapan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) ruas Tol Probolinggo Timur hingga Exit Tol Gending dipantau Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Senin siang (10/04/2023).

Ruas tol tersebut direncankan dibuka dan digunakan untuk jalur mudik lebaran Idul Fitri 2023 mendatang.

Khofifah mengatakan kesiapan Tol Paspro itu sangat penting untuk mengantisipasi lonjakan pemudik lebaran nanti.

Menurutnya, pemudik diprediksi yang akan menuju Jatim tahun ini mencapai 21,3 juta orang. Jumlah ini meningkat dari prediksi semula diangka 18,1 juta orang.

Sesuai penyampaian Presiden RI bahwa Jawa Timur merupakan salah satu tujuan utama pemudik dari berbagai daerah lain.

"Berarti ada tambahan pemudik 3,1 juta orang, artinya proses melakukan berbagai hal untuk mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu harus dilakukan secara komprehensif lagi," ungkap Khofifah usai meninjau Exit Tol Gending Tol Paspro sebagaimana disampaikan dalam rilis resmi.

Berbagai persiapan layanan transportasi publik yang aman dan nyaman dengan berbagai infrastrukturnya, dikatakan Khofifah telah dilakukannya bersama Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya beserta jajarab Polres, Kodim dab bupati/wali kota.

"Salah satunya adalah Tol Paspro Pasuruan-Gending ini yang diharapkan bisa memberikan layanan saat mudik lebaran nanti," jelasnya. 

Ruas Tol Probolinggo Timur - Gending sejauh 12,5 Km, rencananya akan difungsikan pada pertengahan April 2023 mendatang atau sepekan jelang lebaran Idul Fitri.

"Insya'allah mulai tanggal 16 April sudah difungsikan sampai 30 April, dengan format tetap di tap kartu tol pada gerbang tol dengan posisi nol tarif sampai denvan (Exit) Tol Probolinggo Timur. Jadi nol tarif sampai Probolinggo Timur," urai Khofifah.

Khofifah menambahkan ada beberapa hal yang perlu diselesaikan sebelum Rol Pasrpo seksi Probolinggo Timur - Gending difungsikan, seperti marka jalan dan rambu lalu lintas yang belum selesai 100%.

Mantan Mensos RI itu meminta semua pihak bersinergi memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan selama mudik lebaran.


Direktur Teknis PT. Trans Jawa Pasuruan Probolinggo Jalan Tol, Heri Supriadi menyebut pihaknya sedang bekerja keras menyiapkan berbagai macam hal teknis terkait persiapan mudik lebaran, sehingga pada 16 April mendatang siap difungsikan.

"Ada beberapa memang nanti akan diaspal, jadi kita masih ada sekitar 6 titik yang perlu diaspal. Insya'allah dalam waktu 2 hari ini akan selesai," ungkapnya.

Untuk seluruh pengerjaan konstruksi, kata Heri sudah 100% selesai, hanya tinggal finishing. Saat ini pihaknya memaksimalkan pengerjaan rambu dan marka jalan.

"Tadi pengaspalan rambu marka sama (penanaman) rumput untuk penghijauan. Kemudian penyediaan ambulans, mobil derek dan fasilitas menambah keamanan dan kenyamanan," terangnya.

Sementara Plt. Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko menyatakan telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait pembangunan jalan Tol Paspro, sehingga bisa difungsikan untuk mudik lebaran.

"Tugas kami akan melengkapi semuanya, termasuk rambu-rambu yang ada di kabupaten, sehingga nanti tanggal 16 kita sudah siap semuanya termasuk personil juga sudah kita siapkan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Tol Paspro memiliki panjang total 43,75 Km. Terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 Km.

Kemudian Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 Km, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 Km, Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 Km dan Seksi 4B sepanjang 3,8 Km.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV