SUARA INDONESIA

Kepala Rutan Situbondo Lakukan Razia Mendadak di Kamar Hunian WBP, Ada Apa?

Syamsuri - 08 May 2023 | 23:05 - Dibaca 1.25k kali
Peristiwa Daerah Kepala Rutan Situbondo Lakukan Razia Mendadak di Kamar Hunian WBP, Ada Apa?
Sejumlah Petugas Rutan Situbondo Saat Melakukan Penggeledahan WBP (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - Kepala Rutan Situbondo, Rudi Kristiawan bersama seluruh jajaran berjumlah 70 orang melakukan razia serentak secara mendadak di kamar hunian WBP pada Senin (8/5/2023) malam. Razia dimulai pukul 19.00 s/d 21.10 WIB. 

Menurut Rudi Kristiawan Penggeledahan secara serentak itu dilakukan dalam rangka deteksi dini, pemberantasan narkoba dan menindaklanjuti maraknya pengaduan masyarakat tentang penipuan online yang melibatkan narapidana di dalam lapas seperti yang diberitakan dalam podcast artis ternama Uya Kuya.

"Malam hari ini kami bersama seluruh jajaran Rutan Situbondo menggelar razia bersama dengan sasaran HP, Narkoba, Senjata Tajam, dan barang terlarang lainnya," jelasnya. 

Dari hasil penggeledahan di temukan beberapa barang milik narapidana seperti sendok alumunium, pisau cukur, korek gas, kayu pentungan, paku, tali pendek, dan sikat gigi yang dimodifikasi menjadi runcing untuk digunakan WBP memasukan gotri buatan ke alat kelaminnya. 

"Barang-barang sitaan ini harus kita amankan karena sangat berbahaya apabila terjadi infeksi pada alat kelamin WBP. Alhamdulillah dalam penggeledahan walaupun dilakukan secara mendadak, tidak di ketemukan HP, Narkoba, dan barang terlarang lainnya dalam rutan," jelasnya disela-sela acara gelar barang bukti razia.

Lanjut dia, hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen bersama dalam rangka mencegah barang terlarang masuk ke Rutan dan deteksi dini yang dilakukan setiap harinya serta upaya pemberantasan Narkoba di seluruh jajaran kami.

Lebih lanjut, menanggapi statment Tio Pakusadewo di podcast milik Uya Kuya, Kepala Rutan Situbondo itu menegaskan, bahwa tidak semuanya benar. 

"Kalaupun ada, itu hanya oknum saja yang melakukan pelanggaran dan penyimpangan. Tidak semua lapas dan rutan serta Pegawainya dan WBPnya seperti yang dituduhkan," ujar Rudi. 

Ia menambahkan, masih terdapat lapas rutan baik pegawai dan WBP nya yang masih baik-baik.

"Kalau ada oknum WBP yang masih nakal ya wajar saja, namanya aja dia orang bermasalah, pelanggar hukum dan nakal di luaran sana, tapi tidak untuk digeneralisir semuanya sama seperti itu," terangnya.

Untuk di Rutan Situbondo sendiri, pihaknya memastikan tidak ada praktek penipuan maupun transaksi Narkoba. 

"Di Rutan Situbondo kami pastikan juga bersih dari HP, pungli dan Narkoba. Kalau ada pasti akan kita sikat dan tindak tegas sesuai aturan," tegas Rudi usai memimpin razia tersebut. 

Dari hasil penggeledahan malam ini dan pantauan media selama kepemimpinan Rudi selama ini, mencerminkan bahwa Rutan Situbondo bersih dari HP, Pungli dan Narkoba. 

Hal itu dibuktikan dengan hasil razia yang digelar oleh pihak lapas. 

Selain itu, pelayanan petugas yang ramah juga terpantau sudah meningkat drastis. Kemudian pembinaan juga telah berjalan dengan baik. Selain itu, Hak Asasi Manusia (HAM) dari WBP juga benar-benar dihormati dan dijunjung tinggi. 

Layak saja Rutan Situbondo mendapatkan sebutan Rutan Terbaik ke-2 secara Nasional dalam Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 kemarin.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV