SUARA INDONESIA

Tingkatkan Minat Baca, Dinas Arpus Cilacap Gelar Pekan Literasi Cilacap

Satria Galih Saputra - 19 May 2023 | 20:05 - Dibaca 635 kali
Peristiwa Daerah Tingkatkan Minat Baca, Dinas Arpus Cilacap Gelar Pekan Literasi Cilacap
Lomba Mewarnai Anak di Acara Pekan Literasi Cilacap (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Dalam rangka menyemarakan Hari Buku Nasional ke-43 dan Hari Kearsipan ke-52, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Cilacap menggelar Pekan Literasi Cilacap (PLC) 2023.

Kegiatan yang digelar selama 5 hari mulai tanggal 17-21 Mei 2023 ini dipusatkan di Perpustakaan Cilacap yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Cilacap.

Adapun beragam kegiatan untuk memeriahkan acara diantaranya lomba mewarnai anak, lomba reels, bazar buku oleh Gramedia, festival band SMA, dan jumpa para penulis buku di perpustakaan atau Jumpalitan. 

Selain itu, pameran arsip foto sejarah Cilacap tempo dulu untuk menarik minat pengunjung. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Cilacap, Achmad Fauzi saat ditemui mengatakan, Pekan Literasi Cilacap (PLC) digelar bertujuan untuk meningkatkan literasi minat baca, masyarakat, khususnya anak-anak. 

Fauzi menambahkan, berdasarkan survey dari UNESCO, tingkat minat baca di Indonesia sangatlah rendah hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang yang gemar membaca.

Sementara, di bidang kearsipan, Kabupaten Cilacap masuk ke dalam kategori rendah dan berada pada peringkat nomor 25 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah pada tahun 2022.

"Melalui Pekan Literasi Cilacap ini, harapannya agar masyarakat gemar membaca dari tingkat kecil sampai keatas," ujar Fauzi di sela-sela acara Pekan Literasi Cilacap di Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap, Jumat (19/5/2023). 

Disamping itu, kata dia, juga untuk mengenalkan keberadaan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap kepada masyarakat luas.

"Jadi masyarakat, khususnya anak-anak tau ada perpustakaan, ada tempat bermain yang menghasilkan ilmu pengetahuan," jelas Fauzi. 

Diketahui, Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap menyediakan 55 ribu eksemplar buku atau sekitar 34 ribu judul buku di perpustakaan. 

Selain buku, tersedia juga berbagai fasilitas untuk pengunjung seperti alat peraga sekolah, iPad dan mobile phone yang menyediakan banyak informasi. Adapun fasilitas, khusus untuk disabilitas, buku dengan huruf braile. 

Lebih lanjut, Fauzi menyampaikan, dalam kegiatan Pekan Literasi Cilacap (PLC) 2023 ini, pihaknya berkolaborasi dengan Gramedia dan beberapa steakholder yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV