SUARA INDONESIA

Pastikan Pelaksanaan Pembangunan Tol di Situbondo, Anggota Komisi V DPR RI Dengar Pendapat Bersama Warga

Syamsuri - 02 June 2023 | 20:06 - Dibaca 1.50k kali
Peristiwa Daerah Pastikan Pelaksanaan Pembangunan Tol di Situbondo, Anggota Komisi V DPR RI Dengar Pendapat Bersama Warga
Anggota Komisi V DPR RI, Sumail Abdullah Saat Dengar Pendapat Bersama Warga di Kecamatan Suboh (Foto : istimewa)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Anggota komisi V DPR RI fraksi Gerindra, Sumail Abdullah melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (02/06/2023). 

Kunjungannya tersebut dalam rangka sosialisasi serta dengar pendapat bersama warga terdampak pembangunan ruas jalan tol Probowangi tahap I Gending-Situbondo. Selain itu, memastikan pelaksanaan proyek pembangunan. 

Dalam kesempatan itu, Dirut PT Jasamarga Probolinggo-Banyuwangi, Adi Prasetyanto memaparkan, progres pembebasan lahan pembangunan ruas tol Probowangi Tahap 1 yang dibagi menjadi 3 paket dengan total sepanjang 49,68 km. 

"Untuk tol Probowangi tahap 1 ini kita bagi dalam 3 paket konstruksi dengan paket terpanjang adalah paket 3, Paiton-Besuki dengan panjang 25,6 km," jelas Adi. 

Adapun tiga paket konstruksi ruas jalan tol Probowangi Tahap 1 Gending-Situbondo terdiri dari Paket 1 menghubungkan Gending-Kraksaan sepanjang 12,88 km, paket 2 dari Kraksaan-Paiton dengan panjang 11,2 km dan paket 3 sepanjang 25,6 km dari Paiton ke Besuki.

Terkait progres pembebasan lahan, Adi menjelaskan, proses pembebasan lahan telah capai lebih dari 50 persen lahan yang direncanakan untuk ruas jalan tol Probowangi Tahap 1 Gending-Situbondo. 

"Untuk progres pembebasan lahan proyek tol Probowangi tahap 1 Gending-Situbondo ini sudah capai 92,02 persen untuk paket 1, Paket 2 telah mencapai 70,6 persen, dan Paket 3 mencapai 28,48 persen," ungkap Dirut Jasamarga itu. 

Disinggung terkait pembangunan Tol Probowangi yang sejatinya sudah diteken sejak tahun 2017, Adi mengatakan, baru dilanjutkan kembali pada Februari 2023 bulan lalu. 

Kepala Balai Besar Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur Bali, Rakhman Taufik menjelaskan, prediksi sepinya ruas jalan tol Probowangi menjadi salah satu pertimbangan. 

"Untuk anggaran proyek ruas tol Probowangi tahap 1 Gending-Situbondo ini sekitar 8,2 triliun. 30 persennya dari APBN dan sisanya dari loan perbankan dan investor," bebernya. 

Rakhman menambahkan, prediksi minimnya pengguna ruas tol Probowangi membuat banyak investor merasa ragu dan tidak jadi berinvestasi dalam proyek jalan tol nasional itu. 

Ditanya mengenai pencairan dana pembebasan lahan oleh warga setempat yang hadir dalam kunker DPR RI tersebut, Rakhman memberikan estimasi pencairan dana pembebasan lahan tol Probowangi sekitar akhir Agustus 2023. 

"Untuk pencairan, estimasi saya diperkirakan kurang lebih akhir bulan Agustus. Bisa lebih cepat lebih bagus. Tapi memang proses administrasi ke kementerian keuangan cukup memakan waktu karena ada proses verifikasi dan validasinya," ujar Kepala BBPJN Jawa-Bali itu. 

Menutup kunjungan kerja tersebut, Sumail berharap dapat ada kesamaan pemahaman terkait proyek ruas jalan Tol Probowangi tahap 1 Gending-Situbondo itu. 

Dengan berkumpulnya stakeholder dan masyarakat, ia berharap bisa ada masukan dan transparansi terkait proyek tersebut. 

"Karena ini kan masuk kepada tugas kami di DPR untuk pengawasan, penganggaran dan peninjauan. Oleh karena itu kami berharap bisa menyerap aspirasi sekaligus meninjau perkembangan dari proyek strategis nasional ini," pungkas Politis Gerindra itu dalam kunjungannya ke Situbondo. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV