SUARA INDONESIA

Meresahkan! Ular King Kobra Sepanjang 3,5 Meter di Air Terjun Kertoembo Madiun Ditangkap

Prabasonta - 13 June 2023 | 07:06 - Dibaca 1.31k kali
Peristiwa Daerah Meresahkan! Ular King Kobra Sepanjang 3,5 Meter di Air Terjun Kertoembo Madiun Ditangkap
Puluhan relawan gabungan berhasil menangkap ular king kobra sepanjang 3,5 meter yang berada di kawasan wisata air terjun Kertoembo, Dusun Kandangan, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, ( Foto: Yoni Setyo Rahmawanto/SuaraIndonesia.co.id).

MADIUN, Suaraindonesia.co.id - Ular berbisa jenis king kobra yang berada di area wisata air terjun Kertoembo Dusun Kandangan, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun ditangkap. Penangkapan ular dengan panjang 3,5 meter ini meresahkan pengunjung dan warga setempat.

Ular king kobra yang memiliki berat 20 kilogram itu, meresahkan sudah sejak satu minggu terakhir. 

Sebelumnya, ular king kobra itu dilepas liarkan oleh salah satu komunitas relawan di Madiun. Namun, pelepasliaran hewan melata justru meresahkan.

Warga khawatir dengan keberadaan ular di kawasan wisata memakan korban. Sehingga puluhan relawan gabungan dikerahkan untuk mencari dan menangkap ular tersebut.

"Wilayah ini merupakan tempat wisata dan tiap hari warga juga cari rumput disini dan warga jadi takut dengan adanya pelepasan ular tersebut," kata Kepala Dusun Kandangan Gianto, Senin (12/06/2023).

Dalam pencarian, tim gabungan juga menerjunkan dua anjing pelacak. Selain itu, tim disebar ke sejumlah titik yang disinyalir menjadi tempat bersarangnya ular tersebut. 

Selang dua jam pencarian, akhirnya tim gabungan berhasil menemukan ular king cobra yang berada dibawah pohon tak jauh dari lokasi pelepasan.

"Pengembangan destinasi wisata air terjun Kertoembo sudah aman untuk dikunjungi, karena ular jenis king kobra sudah berhasil diamankan," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Madiun Muhammad Zahrowi.

Zahrowi—sapaanya menambahkan, pasca penangkapan ular king kobra itu, saat ini kawasan wisata air terjun Kertoembo dinyatakan sudah aman.

Sekadar diketahui, ular king kobra yang berhasil ditangkap, kemudian dimasukkan kedalam karung dan langsung dibawa ke tempat perawatan khusus. 

Setelah selesai perawatan, ular tersebut akan dilepas liarkan kembali ke hutan yang jauh dari tempat pemukiman serta aktivitas warga sekitar. (Yoni Setyo)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV