SUARA INDONESIA

Menarik! BPBD Cilacap Pasang Tanggul Bronjong Dari Serabut Kelapa di Pantai Sidayu Cegah Abrasi

Satria Galih Saputra - 07 July 2023 | 14:07 - Dibaca 974 kali
Peristiwa Daerah Menarik! BPBD Cilacap Pasang Tanggul Bronjong Dari Serabut Kelapa di Pantai Sidayu Cegah Abrasi
relawan kebencanaan memasang tanggul bronjong di Pantai Indah Sidayu (Foto : istimewa)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap melakukan pemasangan tanggul di Pantai Indah Sidayu di Desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jumat (07/07/2023). 

Hal itu dilakukan selain pantai tersebut termasuk daerah rawan terdampak Tsunami, juga upaya mitigasi bencana mencegah abrasi pantai karena ombaknya yang cukup besar. 

Tanggul yang dipasang kali ini berbeda dan menarik, karena menggunakan bronjong atau keset yang terbuat dari serabut kelapa. 

Pemasangan tanggul bronjong tersebut melibatkan TNI-Polri, pemerintah desa setempat dan puluhan organisasi relawan kebencanaan terdiri diantaranya RAPI, Cilacap Resque, Bagana, PMI dan lainnya. 

Kekompakan terlihat saat mereka bergotong royong memasang tanggul bronjong di bibir pantai sepanjang 85 meter itu. 

"Kami sengaja memakai keset dari bahan serabut kepala karena lebih tahan terhadap air laut dibandingkan menggunakan kandi dari plastik dan ini merupakan inovasi dari BPBD Cilacap," kata Plt. Kepala BPBD Cilacap Erna Suharyanti di sela-sela kegiatan. 

Disamping itu, membantu UMKM karena keset serabut kelapa tersebut dibuat oleh masyarakat Cilacap. 

"Serabut kelapa ini sangat kuat, tidak mudah sobek dan membuat tanggul menjadi meninggi secara otomatis. Kalau kekuatan kandi hanya beberapa tahun saja sudah sobek, sementara ini tahan hingga bertahun-tahun," ujar Erna. 

Dia mengungkapkan untuk jumlah bronjong yang dipasang sebanyak 300 lembar dimana melibatkan sekitar 350 personel dan terpasang kurang dari 2 jam. 

Plt. Kepala BPBD Cilacap ini melanjutkan, bahwa keberadaan tanggul bronjong ini juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir rob agar pedagang di sekitar pantai dapat terlindungi. 

"Minimal dapat menahan air laut tidak sampai meluap ke pemukiman warga," ujar Erna. 

Sementara Kepala Desa Sidayu Abdul Nasim Al Najib mengatakan, selain untuk penahan ombak, tanggul bronjong dengan menggunakan serabut kelapa ini juga dapat memperindah Pantai Indah Sidayu. 

Tanggul tersebut, lanjut dia, nantinya bisa difungsikan sebagai tempat duduk wisatawan saat berekreasi di pantai Sidayu. 

"Jadi selain mendukung pemerintah dalam mitigasi bencana, kami selaku pemerintah desa konsen dalam memajukan pariwisata, khususnya di wilayah kami," tuturnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV