SUARA INDONESIA

Dampak Banjir Blega Sebabkan Sekolah Rusak Berat

Moh.Ridwan - 14 March 2024 | 13:03 - Dibaca 666 kali
Peristiwa Dampak Banjir Blega Sebabkan Sekolah Rusak Berat
Kondisi ruang kelas di SDN Blega 1. (Foto:Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANGKALAN - Banjir yang terjadi di kecamatan Blega tak luput menyebabkan beberapa sekolah mengalami kerusakan. Sedikitnya ada 6 sekolah yang dilaporkan terdampak langsung.

Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan melakukan inventaris terhadap 6 sekolah yang terdampak banjir. Diantaranya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Blega 1, 2, 3, 4, 6 dan SMPN 1 Blega.

Adapun kerusakan berat terjadi di SDN Blega 1, sebanyak 5 ruang rusak berat. Banjir berakibat pada kondisi ruang sekolah yang jebol. Selain itu, seluruh meja dan kursi mengalami rusak. Tak hanya itu, beberapa peralatan IT berupa Chromebook juga rusak.

"Sekolah ini yang paling parah kondisinya. Rusak berat. Sarprasnya juga rusak," kata Moh Yakub, Kepala Disdik saat memantau langsung kondisi sekolah, Kamis (14/3/2024).

Menurutnya, SDN Blega 2 tidak mengalami kerusakan berat pada sekolah, hanya meja, kursi dan papan tulis rusak di 4 ruang kelas. Kemudian, perlu melakukan pembersihan sekolah.

Sementara untuk SDN Blega 3 hanya perlu pembersihan saja. SDN Blega 4 perlu pembersihan dan 2 ruang kelas lantainya rusak. Kemudian, SDN Blega 6 perlu pembersihan dan 3 ruang meja kursi papan mengalami kerusakan.

Terakhir, akibat banjir menyebabkan pagar SMPN 1 Blega roboh. Sebanyak 14 ruang kelas perlu pembersihan dan meja kursi rusak serta 2 laboratorium mengalami kerusakan.

Dirinya belum bisa memastikan langkah yang akan dilakukan untuk perbaikan sekolah. Sebab, akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pj Bupati Bangkalan.

"Sementara hanya menginventaris kerusakan. Kemudian melaporkan ke bupati dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk ditindaklanjuti," jelasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Moh.Ridwan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV