SUARA INDONESIA

Perubahan Nomenklatur, Pamong Kelurahan Jadi Pengampu Keistimewaan

- 04 November 2020 | 18:11 - Dibaca 1.03k kali
Politik  Perubahan Nomenklatur, Pamong Kelurahan Jadi Pengampu Keistimewaan
Kepala PMK Sleman, Budiharjo menjelaskan adanya perubahan nomenklatur terkait UU Keistimewaan DIY (foto Istimewa)

SLEMAN - Seiring perubahan nomenklatur di jajaran pemerintah kecamatan hingga tingkat kelurahan, Lurah dan pamong kelurahan bertanggung jawab sebagai pengampu keistimewaan.

" Lurah dan pamong selain bertanggung jawab pada pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, ada satu tugas lain dalam implementasi UU Keistimewaan, yakni sebagai pengampu keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta," terang Kepala Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PMK) Sleman, Budiharjo di komplek Kelurahan Condongcatur Depok Sleman, Rabu (4/11/2020).

Budiharjo menambahkan, jika mengacu pada UU Keistimewaan, tanggung jawab Lurah dan Pamong juga terkait dengan pertanahan, tata ruang dan kebudayaan.

Pihaknya akan meningkatkan kapasitas pamong untuk menambah kemampuan pamong.

" Adanya UU Keistimewaan diharapkan diikuti dengan peningkatan pelayanan. Sehingga imbasnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Mulainya diberlakukannya UU Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, merubah beberapa nomenklatur. Seperti Kecamatan menjadi Kepanawon, Desa sebutannya menjadi Kelurahan. (Lanjar Artama).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV