SUARA INDONESIA

Buntut PK Moeldoko ke MA, Demokrat Cilacap Layangkan Surat Perlindungan Hukum untuk AHY

Satria Galih Saputra - 04 April 2023 | 14:04 - Dibaca 1.28k kali
Politik Buntut PK Moeldoko ke MA, Demokrat Cilacap Layangkan Surat Perlindungan Hukum untuk AHY
Ketua DPC Partai Demokrat Cilacap, Amelia Didampingi Pengurus dan Anggota Fraksi Saat Menyerahkan Surat Perlindungan Hukum ke PN (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Cilacap melayangkan surat permohonan perlindungan hukum untuk Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Surat tersebut dilayangkan kepada Ketua Mahkamah Agung, M. Syarifuddin melalui Pengadilan Negeri Cilacap, Selasa (4/4/2023). 

Hal itu dilakukan buntut dari Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko atas putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) dengan munculnya kudeta di Partai Demokrat.

"Surat ini merupakan suatu bentuk dukungan atas kepemimpinan bapak Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang sah dan legal, baik secara hukum maupun secara politis," ujar Ketua DPC Partai Demokrat Cilacap, Amelia, Selasa (4/4/2023). 

Ia mengutarakan, dalam surat tersebut pihaknya meminta MA agar menolak PK yang diajukan Moeldoko. 

Amelia menyebut, upaya hukum yang dilakukan oleh Moeldoko semua telah terpatahkan, mulai dari pengadilan, banding dan kasasi, semua tidak ada yang berhasil. 

"Namun, pak Moeldoko mengajukan PK. Oleh karena itu, kami yang di daerah memberikan support kepada Ketua Umum AHY agar terus memimpin Partai Demokrat, tetap eksis dan keberadaannya diterima oleh masyarakat luas," katanya didampingi pengurus DPC Demokrat dan Anggota Fraksi. 

Anggota DPRD Cilacap Fraksi Demokrat itu juga menegaskan, pihaknya beserta jajaran tegak lurus kepada kepemimpinan AHY dan menolak kepemimpinan Moeldoko. 

Sehingga, segala upaya akan dilakukannya agar PK tersebut tidak dikabulkan oleh MA. 

"Kami di daerah tentu akan memberikan dorongan kepada Lembaga Penegak Hukum dalam hal ini MK. Dan kita semua kompak berada di bawah kepemimpinan AHY dan menolak kepemimpinan Moeldoko," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV