SUARA INDONESIA

Hasil Survei Bakal Calon Presiden, Ganjar Bertahan di Puncak Anies Kelojotan ke Posisi Ketiga

Redaksi - 30 June 2023 | 11:06 - Dibaca 993 kali
Politik Hasil Survei Bakal Calon Presiden, Ganjar Bertahan di Puncak Anies Kelojotan ke Posisi Ketiga
Foto kolase Bakal Calon Presiden RI pada Pemilu 2024. (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id).

SUARAINDONESIA.CO.ID - Ganjar Pranowo unggul atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan pada hasil survei terkait simulasi nama Bacapres Pemilu 2024 yang dirilis Lembaga Survei Algoritma Research and Consulting.

Survei tersebut dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terhadap 2.009 responden di seluruh Indonesia.

Seluruh responden terbagi secara proporsional berdasarkan data pemilih di 33 provinsi.

Hasil survei mewakili penduduk usia dewasa (memiliki hak pilih-red) secara nasional dengan margin of error 2,1% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sedangkan pengumpulan data dilakukan pada 29 Mei - 10 Juni 2023 yang dilakukan oleh 109 enumerator.

Direktur Eksekutif Algoritma, Aditya Perdana, terkait hasil survei menjelaskan bahwa nama Ganjar Pranowo masih berada pada posisi puncak yakni hingga 29,3%. Disusul Prabowo Subianto  24,6% dan Anies Baswedan pada urutan ketiga yang hanya mengantongi 16,9% suara.

Dia menjelaskan, jika dibandingkan dengan hasil survei pada Desember 2022 lalu, terdapat rotasi. Yakni Suara Prabowo berhasil mengungguli Anies yang bergeser ke urutan ketiga. Sementara untuk posisi Ganjar Pranowo, memang selalu berada di posisi puncak.

"Jika dibandingkan dengan survei Algoritma yang dilakukan pada enam bulan lalu yaitu Desember 2022, ada rotasi pilihan capres yang saat itu angka Ganjar di 25,1%, Anies 18,7% dan Prabowo 16,6%," terang Aditya seperti dilansir suara.com, media jejaring suaraindonesia.co.id.

"Dukungan pemilih terhadap bakal calon presiden juga masih sangat volatil menggambarkan masih terbukanya pemilih untuk beraih pilihan. Hanya sekitar 33,9% pemilih yang menyatakan pilihan capresnya sudah final dan tidak akan berubah pilihan," sambungnya.

Berikut hasil survei elektabilitas 5 bakal calon presiden teratas yang dilakukan Lembaga Survei Algoritma:

Ganjar Pranowo 29,3%

Prabowo Subianto 24,6%

Anies Baswedan 16,9%

Ridwan Kamil 2,3%

Sandiaga Salahudin Uno 1,8%

Tidak tahu 10,5%

Tidak jawab 5,8%

Dalam simulasi tunggal tiga nama capres, Ganjar Pranowo masih menduduki posisi elektabilitas teratas yang mengungguli Prabowo dan Anies.

"Nah seandainya simulasi tunggal tiga nama calon maka siapa yang akan punya chance untuk menang, maka Ganjar punya chance menang 34%, diikuti oleh Pak Prabowo 30,8% dan Pak Anies 22,1%," tuturnya.

Berikut hasil survei elektabilitas 3 nama capres:

Ganjar Pranowo 34%

Prabowo Subianto 30,8%

Anies Baswedan 22,1%

Tidak tahu 8,1%

Tidak jawab 5,0%.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV