SUARA INDONESIA

Dandim 0823 Situbondo Ingatkan Prajuritnya untuk Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024 

Syamsuri - 09 November 2023 | 14:11 - Dibaca 630 kali
Politik Dandim 0823 Situbondo Ingatkan Prajuritnya untuk Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024 
Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Anjas Asmoro, S.E. saat mengingatkan prajuritnya untuk jaga netralitas menjelang pelaksanaan pemilu 2024 di Aula Kodim 0823 Jln. PB.Sudirman No. 32 Kabupaten Situbondo. ( Foto : Syamsuri/Suaraindonesia.co.id) 

SITUBONDO,SUARA INDONESIA - Memasuki tahun politik pemilu tahun 2024 meminta agar para Prajurit TNI dan Staf Kodim 0823 Situbondo untuk menjaga netralitas. 

Sebab, Netralitas adalah salah satu bagian dari nilai Fundamental yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh anggota TNI dan ASN jajaran TNI secara keseluruhan yang harus menjadikan sebagai bagian prioritas dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Anjas Asmoro, S.E. di Aula Kodim 0823 Jln. PB.Sudirman No. 32 Kelurahan Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo  saat memberikan arahan dan penekanan kepada anggota TNI jajarannya serta anggota PNS Kodim 0823. Kamis (09/11/2023) 

Menurutnya, dalam menjaga netralitas, anggota TNI dan ASN tidak boleh melibatkan diri secara langsung atau tidak langsung dalam aktivitas kampanye pada pemenangan Pemilu kepada siapapun

"Kita sebagai Prajurit harus tetap mengutamakan kepentingan Negara diatas kepentingan segala hal, Untuk itu tidak ada tempat bagi semua Prajurit TNI dalam melaksanakan tindakan, kegiatan yang bisa mengarah pada politik praktis,"tegasnya.

" Selain itu, Kita selalu prajurit TNI harus menjauhi, menghindari dan ikut campur tangan dalam proses Pemilu, baik melalui tindakan, perkataan, ataupun sikap yang dapat mempengaruhi pandangan politik atau terhadap pilihan calon tertentu, sehingga akan dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa,"tambahnya.

Lebih lanjut Dandim 0823 Situbondo juga menegaskan kembali bahwa kita semua harus menjauhkan diri dari segala bentuk intervensi politik atau pengaruh yang dapat membahayakan kepentingan Nasional, setiap pelanggaran terhadap netralitas maka akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 

"Kita harus siap menerima konsekuensi dari tindakan yang melanggar prinsip-prinsip netralitas. Untuk itu kita mempunyai tanggung jawab besar untuk menjaga integritas dan kredibilitas institusi TNI Kodim 0823 ini di mata masyarakat, sehingga wujud netralitas kita dapat dipercaya dan Kita di lapangan harus bisa menjadi contoh yang terbaik,"jelasnya.

Kendati demikian Dandim 0823 dalam penegasannya di hadapan para prajurit dan Staf Kodim 0823 Situbondo agar selalu menghayati dan melaksanakan penegasan ini dengan sebaik-baiknya, supaya kita tetap menjadi kekuatan yang netral, profesional, dan dipercaya oleh bangsa dan negara

"Jaga kesehatan dan keselamatan bersama keluarga tercinta dimanapun anda berada dan bertugas, bagi anggota yang saat ini sakit untuk selalu berobat ke rumah sakit terdekat sesuai anjuran dokter yang memeriksa, kita semua selalu berdoa untuk kesembuhan dan selalu tetap semangat dalam menjalani kehidupan yang dirahasiakan oleh Alloh SWT,"harapnya.

Kata Dandim, secara keseluruhan hindari juga segala hal kegiatan yang mengarah pada keterlibatan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang baik sebagai pengedar dan pengguna, hal ini hanya menjadikan kerugian besar baik perseorangan yang nantinya juga akan merugikan keluarganya maupun citra baik TNI dimata masyarakat.

"Ingat peliharalah tempat dimana kita bekerja, jaga nama baiknya sekalipun tidak membuatmu kaya, tetapi bisa membuatmu hidup,"pungkasnya (Syam) 
 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV