SUARA INDONESIA

Ada 10 Caleg Perempuan yang Bakal Melenggang Menjadi Anggota DPRD Jombang

Gono Dwi Santoso - 09 March 2024 | 16:03 - Dibaca 1.46k kali
Politik Ada 10 Caleg Perempuan yang Bakal Melenggang Menjadi Anggota DPRD Jombang
Proses pemungutan suara di TPS pada Pemilu 2014 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Rekapitulasi suara di tingkat KPU Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sudah selesai. Hasilnya, ada 10 perempuan yang bakal lolos menjadi anggota DPRD Jombang periode 2024-2029.

Ini artinya, 20 persen dari 50 wakil rakyat di parlemen Jombang akan diisi oleh politisi perempuan. Sebagian besar adalah wajah lama atau caleg petahana, tapi ada juga yang pendatang baru.

Penelusuran Suaraindonesia.co.id, caleg perempuan yang lolos tersebut adalah Dora Maharani, caleg petahana dari PDIP. Dora meraih kursi dari dapil Jombang 1 yang meliputi Kecamatan Jombang dan Peterongan.

Sementara dapil Jombang 2 yang meliputi Kecamatan Diwek, Jogoroto dan Sumobito, ada dua caleg petahana yang bakal kembali menduduki kursi DPRD. Mereka adalah Fatimah ZB dari PKB dan Junita Erma Zakiyah dari PPP.

Sedangkan dapil Jombang 4 yang meliputi Kecamatan Ngoro, Gudo, Perak dan Bandarkedungmulyo, ada satu caleg perempuan yang melenggang ke kursi legislatif. Ia adalah caleg petahana dari PKB, Kholilah.

Dapil Jombang 5, menyumbang cukup banyak. Terdapat tiga caleg perempuan yang diprediksi melenggang ke gedung dewan. Dapil ini mencakup Kecamatan Ploso, Kabuh, Plandaan dan Ngusikan. Tiga caleg tersebut adalah Erna Kuswati dari PKB, Maya Novita dari Partai Golkar, serta Mulyani Puspita Dewi dari Partai Demokrat. Ketiganya adalah caleg petahana.

Dapil Jombang 6 yang mencakup Kecamatan Kesamben, Tembelang dan Megaluh, menyorongkan tiga nama caleg perempuan. Masing-masing, Octadella Bilytha Permatasari dan Novadona Bilytha Puspythasari dari Partai Gerindra, dan Dian Ayunita Prastumi dari Partai Demokrat.

Dari enam dapil yang ada, hanya dapil Jombang 3 yang tidak ada sama sekali wakil perempuan yang terpilih. Dapil ini meliputi Kecamatan Bareng, Mojowarno, Wonosalam dan Mojoagung. Semua caleg yang berpeluang lolos adalah laki-laki.

Ketua DPC Partai Gerindra Jombang Octadella Bilytha membenarkan bahwa ada dua caleg perempuan dari partainya yang lolos menjadi wakil rakyat. Yakni dirinya dan Novadona. "Dari dapil lima dan enam," ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PKB Jombang Anas Burhani menyatakan, ada tiga nama perempuan dari partainya yang lolos ke parlemen. Mereka adalah Fatimah ZB dari dapil 2, Kholilah dari dapil 4, serta Erna Kuswati dari dapil 5.

"Pemilu 2024 ini PKB mendapatkan 12 kursi DPRD. PKB menjadi juara. Dari jumlah tersebut, sembilan laki-laki dan tiga perempuan. Para caleg perempuan dari PKB adalah petahana," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV