SUARA INDONESIA

Buku 'Soedirman Bertumbuh di Cilacap' Karya Thomas Sutasman, Sumber Inspiratif Generasi Muda

Satria Galih Saputra - 25 March 2023 | 13:03 - Dibaca 1.29k kali
Sejarah Buku 'Soedirman Bertumbuh di Cilacap' Karya Thomas Sutasman, Sumber Inspiratif Generasi Muda
Sejarawan Thomas Sutasman Saat Menunjukan Buku 'Soedirman Bertumbuh di Cilacap' (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Jenderal Soedirman ialah salah seorang Pahlawan Revolusi Nasional Indonesia. Ia merupakan Panglima dan Jenderal RI yang pertama dan termuda dalam sejarah perjuangan Republik Indonesia. 

Diusianya yang masih cukup muda, yaitu 31 tahun, Soedirman telah menjadi seorang jenderal. Dan siapa sangka, Jendral Besar Soedirman ini pernah besar dan menempuh dunia pendidikan di Cilacap, Jawa Tengah. 

Seperti yang dikisahkan di dalam buku berjudul 'Soedirman Bertumbuh di Cilacap' karya tulis sejarawan Thomas Sutasman baru-baru ini. 

Thomas menceritakan masa kecil Jenderal Soedirman, hingga menjadi Daidancho (komandan batalyon) di Cilacap melalui karya tulisnya yang diwujudkannya menjadi sebuah buku dengan 166 halaman. 

"Saya ingin mendokumentasikan sejarah yang ada di Cilacap melalui buku ini agar tidak hilang," kata Thomas saat ditemui, Jumat (24/3/2023). 

Pria yang menjabat sebagai Kepala Sekolah di salah satu sekolah swasta di Cilacap ini mengaku, awal mula menulis tentang kisah Jendral Soedirman dimulai dari referensi yang ia dapat sejak bulan oktober 2022.

Lebih lanjut, Thomas mengungkapkan alasan menulis tentang Jenderal Soedirman karena banyak keteladanan dari salah seorang Pahlawan Revolusi Nasional Indonesia tersebut sejak kanak-kanak sampai menjadi panglima besar yang sangat menginspirasi. 

"Kisah Soedirman yang saya tulis secara naratif ini diharapkan dapat menjadi sumber inspiratif dalam pembinaan generasi muda. Sebab, keteladanan dan nilai-nilai hidup Soedirman sangat banyak serta layak untuk dikembangkan. Dan beliau itu pahlawan bercandradimuka," ujarnya. 

Diutarakannya, keteladanan dari seorang Jendral Soedirman yang pertama yaitu bisa menjalankan visi, misi dan spritualitas dari pendiri Muhammadiyah ketika dia menjadi anggota pandu Hizbul Wathan, pemuda Muhammadiyah, kemudian menjadi guru hingga kepala sekolah HIS Muhammadiyah. 

"Dan kedua, kepemimpinannya ternyata terbentuk terus menerus dari kanak-kanak sampai dia memasuki dunia militer. Jadi ini merupakan ketauladanan yang sangat luar biasa," tandasnya.

Diharapkan dengan membaca buku tersebut, para pembaca khususnya generasi muda di Cilacap terinspirasi dengan kisah hidup Soedirman dan bisa menjadi teladan. 

"Kemudian bisa menjadi sumber untuk menggali kepemimpinan di masa yang akan datang. Ini dua hal mengapa buku ini dibuat," lanjut Thomas.

Ia mengklaim, buku 'Soedirman Bertumbuh di Cilacap' hasil karyanya tersebut sudah banyak diketahui orang, hanya saja belum dilaunching dan diperjualbelikan. 

"Kalau buku ini banyak yang tau, cuma belum saya launching. Mungkin dalam waktu dekat ini sekalian ngabuburit berliterasi sejarah lokal," ucap Thomas 

Setelah dilaunching, lanjut dia, masyarakat nantinya dapat menikmati buku karyanya tersebut dengan membelinya seharga Rp 50 ribu. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV