SUARA INDONESIA

Kapolda Jatim Tegaskan, Penanganan Pandemi dan Pilkada Harus Berjalan Seimbang

M Nur Ali Zulfikar - 09 November 2020 | 18:11 - Dibaca 775 kali
TNI/Polri Kapolda Jatim Tegaskan, Penanganan Pandemi dan Pilkada Harus Berjalan Seimbang
Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil Imran memberikan arahan
LAMONGAN - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, mengamanatkan agar penanganan pandemi Covid-19 dan pengamanan Pilkada serentak berjalan seimbang. Disiplin protokol kesehatan harus dilaksanakan secara ketat.

Hal itu diungkapkan Fadil saat melaksanakan pengecekan penanganan Covid - 19 dan kesiapan pengamanan Pilkada di Kabupaten Lamongan, Senin (09/11/2020), siang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jatim juga memberikan amanat tentang pengamanan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 harus dilakukan dengan ketat, cermat dan tepat.

Dalam arahannya, Irjen Pol Fadil Imran mengungkapkan bahwa, Indeks potensi kerawanan Pilkada tahun 2020 di Provinsi Jatim masih dalam kategori aman. Sedangkan di Lamongan terdapat 3 paslon yang mengikuti Pilkada, untuk itu selama massa kampanye ini agar betul - betul di monitor kerawanannya, terutama dalam penegakkan protokol kesehatan.

"Dalam pilkada ini perkuat deteksi dini kerawanan yang akan terjadi, sehingga bentuk - bentuk kerawanan bisa kita cegah. Saya berharap kepada Kapolres dan Dandim agar selalu bersinergi serta saya juga meminta kepada Kapolsek dan Danramil selalu bersinergi dalam pengamanan pilkada tahun ini," ungkapnya

Fadil berharap, penanganan Covid - 19 dan Pilkada di Kabupaten Lamongan bisa berjalan dengan aman dan konduasif. Fadil juga menekankan kepada jajaran TNI dan Polri dalam Pilkada harus netral dan tidak terbawa arus politik praktis.

"Kami mengimbau agar selalu mengoptimalkan dan memperkuat kampung tangguh, karena kampung tangguh bisa mencegah penyebaran Covid - 19 dan mencegah kamtibmas," tegasnya

Sementara, Kapolres Lamongan, AKBP Harun mengungkapkan bahwa, sampai saat ini situasi umum Kabupaten Lamongan aman dan kondusif. Dia juga menerangkan, di tengah pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamongan semakin meningkat.

"Jumlah TPS di Kabupaten Lamongan sebanyak 3.071 unit. Sedangkan jumlah DPT sebanyak 1.038.756 pemilih," terang Alumnus Akademi Kepolisian 2001 ini.

Harun menjelaskan, untuk menciptakan situasi Kamtibmas, Polres Lamongan selalu bersilaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat. Dengan tujuan agar bisa bersama - sama menjaga situasi keamanan menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2020

"Polres Lamongan siap mengamankan Pilkada tahun 2020, tentunya dengan bersinergi bersama TNI, Sat Pol PP dan Linmas. Penanganan Covid - 19 Lamongan dengan mengoptimalkan kampung tangguh semeru dan saling berkoordinasi dengan TNI dan Pemkab Lamongan untuk upaya pencegahan," pungkasnya

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV