SUARA INDONESIA

Berpotensi Langgar Prokes saat Nataru, Polres Batu Gelar Apel Operasi Lilin Semeru

Mohammad Sodiq - 21 December 2020 | 11:12 - Dibaca 1.38k kali
TNI/Polri Berpotensi Langgar Prokes saat Nataru, Polres Batu Gelar Apel Operasi Lilin Semeru
Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Semeru Tahun 2020.

KOTA BATU - Berpotensi langgar protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Polres Batu menggelar Apel Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Semeru Tahun 2020, di seputaran Alun-alun Kota Batu, Jawa Timur, Senin (21/12/2020).

"Karena akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian dan peningkatan aktifitas masyarakat, ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19," kata Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH.

Mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur ini mengatakan, Operasi Lilin Semeru 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari, yakni terhitung mulai dari 21 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021.

"Ya, dengan tetap mengedepankan preventif secara humanis kepada masyarakat, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Namun tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman," tegasnya.

Menurut Perwira Polisi dengan pangkat dua melati di pundaknya ini, nantinya pengamanan tersebut tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa.

"Sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Jadi, kita harus lebih peduli lagi. Karena, jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," paparnya.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, lanjut Catur, tentunya juga ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus di antisipasi bersama.

"Antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan," beber dia.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, masih kata Catur, bahwasanya Polres Batu melakukan beberapa penekanan sebagai pedoman.

"Ya, tujuannya tentunya agar supaya mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan Tupoksi yang diantaranya meliputi mental dan fisik serta selalu menjaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat," terang dia.

Orang nomor satu di jajaran Polres Batu ini juga menginstruksikan kepada tiap personil agar selalu meningkatka kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan mengantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas, yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021.

"Maka dari itu, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system. Kemudian laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, serta bertindaklah secara tegas, namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas," tukas dia.

Selain itu, Catur juga menyerukan agar selalu memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi nantinya.

"Yang terakhir, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan daoam mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih," pungkasnya.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, dilanjutkan dengan pemusnahan ribuan botol Miras dan Knalpot Brong hasil sitaan dari operasi kepolisian yang digelar sebelumnya, bertempat di halaman Parkir Batu Plaza Kota Batu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, MSi, Sekda Pemkot Batu Drs. Zadiem Efisianesi, Msi, Pabung Dandim 0818 Malang – Batu Mayor Infanteri Choirul Effendi, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, SP, Perwakilan Kejaksaan Negeri Batu, para kepala SKPD, Ormas dan para undangan sekitar 50 orang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohammad Sodiq
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV