default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Dihalangi Warga, DPU Bina Marga Gresik Gagal Pasang Portal

Dihalangi Warga, DPU Bina Marga Gresik Gagal Pasang Portal
Peristiwa Daerah
Komunikasi alot antara warga dengan DPU Bina Marga Gresik
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

GRESIK (suaraindonesia.co.id) - Setelah dihalangi beberapa warga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TR) Kabupaten Gresik gagal memasang portal di Jalan Harun Thohir, Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Jumat (9/8) siang.

Tim DPU TR Gresik didampingi petugas Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Dispol PP), berada di lokasi sejak pukul 9.00 Wib, tidak mampu berbuat banyak ketika ada warga melakukan protes terkait pemortalan jalan.

"Tim DPU TR Gresik kemarin hanya melakukan pengukuran jalan dan menandai titik-titik portal kemarin, barang barang kami kembalikan lagi," ucap kepala DPU TR pemkab Gresik Gunawan setijadi.

Pemasangan portal pun akan dilakukan Jumat (10/8) siang mengingat jadwal yang sudah direncanakan harus dilakukan. "Secepatnya kita portal demi kenyamanan," katanya.

Gunawan menjelaskan Jalan Harun Thohir yang berada di dekat Pelabuhan Gresik, mengalami kerusakan parah akibat dilalui kendaraan besar dengan berat lebih dari 8 ton yang sudah jelas  jalan ini masuk kelas III.

Gunawan  mengatakan, gagalnya pemasangan portal di Jalan Harun Thohir Gresik, disebabkan pengusaha tak jalankan keputusan hasil rapat. Sedangkan   dalam rapat disepakati pada Kamis kemarin seharusnya dipasang portal.

“kendaraan besar tak boleh melintas. Semua pengusaha sudah pada tahu. Tapi kenapa keputusan itu tak dijalankan,” ujar Gunawan.

Di dekat lokasi pun sudah ada pemasangan portal, juga sudah dipasang spanduk bertulisan pemberitahuan rencana pemortalan.

 "pemasangan portal akan tetap dilanjut. Apalagi, para pengusaha tak punya itikad baik untuk melakukan perbaikan Jalan Harun Thohir," ungkapnya.

Mantan Kabag Pembangunan ini menjelaskan, pemortalan Jalan Harun Thohir Gresik bisa dibatalkan, asalkan pengusaha mau memperbaiki kerusakan Jalan Harun Thohir. 

“Kalau perusahaan mau perbaiki jalan, pemortalan kami batalkan,” tegas Gunawan.

perbaikan Jalan Harun Thohir dengan peningkatan jalan dari kelas III membutuhkan anggaran sebesar Rp 26,6 miliar. 

"kalaupun jalan tetap kelas III dan dilakukan pemortalan, maka Pemkab Gresik akan menyiapkan dana Rp 5 miliar," katanya.

Dana  yang telah disediakan itu, untuk perbaikan seperti tambal sulam agar jalan bisa nyaman dilewati masyarakat. 

Sedangkan informasi   kepada masyarakat  Jalan Harun Thohir diportal, DPU TR dengan dibantu Dishub memasang sejumlah rambu

"Rambu dimaksud dipasang di samping jalan dari arah kota menuju Jalan Harun Thohir, pintu masuk Nipon Paint. Sementara untuk rambu dari arah Manyar dipasang di Jalan RE.Martadinata, tepatnya depan PT.Petro Oxo," tutupnya.


Reporter :
Editor :
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar